Review Dropbox 1.0.2


drop box 1.0.2Untuk memenuhi kebutuhan simpan yang tidak terlalu besar dan praktis, tersediaflashdisk dengan berbagai macam jenis dan bentuk. Namun jika Anda gampang lupa, flashdisk rentan tertinggal dan hilang. Bagaimana mengatasi masalah ini? Dropbox bisa menjadi pilihan alternatif.

Dropbox merupakan aplikasi yang dimanfaatkan untuk menyimpan data secara online. Dropbox memberikan kapasitas 2 GB di “awan” secara gratis. Caranya, Anda unduh dan install aplikasi Dropbox ke dalam PC. Di tengah tahapan proses, Dropbox akan secara otomatis membuatkan akun Anda di server mereka.

Setelah proses instalasi selesai, Dropbox akan tampil sebagai folder di harddisk. Setiap fileyang Anda masukkan di folder Dropbox ini langsung tersinkronisasi dengan server Dropbox di awan sana tanpa harus Anda suruh. File itu sendiri tetap ada di PC Anda.

Misalnya Anda menaruh file tersebut di komputer rumah, Anda tetap bias mengaksesnya di komputer kantor. Caranya, pasang Dropbox di komputer kantor, login dengan akun yang sama dengan komputer rumah, dan seluruh file di dalam folder Dropbox pun bisa dilihat di komputer kantor. Enaknya lagi, Dropbox mendukung berbagai platform, mulai dari Windows, Linux, Mac, sampai sistem operasi perangkat mobile seperti Blackberry, Android, serta iOS.

Di dalam folder Dropbox juga terdapat folder Public. Setiap file yang Anda taruh di folder Public ini secara secara otomatis memiliki link khusus, yang menunjukkan posisi mereka di server Dropbox. Fungsi ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mengirim sebuah file ke orang lain. Cukup klik kanan file tersebut, salin alamat link-nya, dan berikan ke orang yang Anda tuju. Praktis ‘kan?

Jika kapasitas 2GB terasa kurang, Anda bisa melakukan upgrade kapasitas yang lebih besar—tentu dengan membayar biaya tertentu. Tersedia kapasitas 50 GB (biaya US$9 perbulan) serta 100 GB (US$19 per bulan).
(Dayu Akbar—Kontributor)
****
Dropbox adalah layanan penyimpanan data online terbaik saat ini. Penggunaannya sangat mudah, dan gratis pula. Kapasitas 2GB mungkin tidak terlalu besar untuk file masa kini, namun sulit untuk tidak menyukai Dropbox.

Spesifikasi
Jenis Freeware (2 GB)
Ukuran Installer 14,07 MB
Situs Download https://www.dropbox.com/

Sistem operasi Windows XP/Vista/7

Plus : Gratis untuk kapasitas 2 GB; file/folder bisa dishare ke pengguna lain; mudah sinkronisasi ke PC.
Minus : Kapasitas versi gratis kurang besar.

Sumber: infokomputer.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s