Tiap Kata yang Anda Ucapkan


 

sumber gambar:www.businessweek.com/

 

Apakah anda seorang pembicara yang efektif? Maksud saya bukan dapatkah anda naik ke podium dan berbicara di muka sekelompok besar orang. Yang saya maksud, dalam komunikasi tiap hari biasa, apakah anda seorang pembicara yang efektif? Tentu saja. Semuanya yang anda katakan mempengaruhi tiap orang yang mendengarnya. Macam pengaruh apa yang anda berikan sebagai pembicara? Jika anda seorang yang penuh humor, barangkali orang tertawa tentang apa yang anda katakan.  Jika anda seorang yang marah, maka anda barangkali menyebabkan rasa takut dan kemarahan tertentu. Inilah pengaruh yang anda berikan. Jika anda seorang yang penuh kasih sayang dan bermurah hati, anda mungkin menyebabkan suatu suasana kehangatan pada orang lain. Jika anda seorang yang suka memberi pujian, anda mungkin menambah kebanggaan diri orang lain.

Tiap kata yang anda ucapkan memberikan suatu pengaruh terhadap si pendengar. Nah, saya kira anda percaya itu, bukan? Anda memikirkan tiap orang kepada siapa anda berbicara, dan tanpa memperhatikan besar atau kecilnya pengaruh itu, anda tentu sependapat bahwa semuanya yang anda katakan mempunyai pengaruh terhadap si pendengar. Saya ingin sejenak memperluas dasar pikiran ini dan mengatakan kepada anda bahwa ada  satu orang yang mendengar semuanya yang anda katakan; dan orang itu andalah anda. Tiap orang lain hanya mendengar sebagian dari apa yang anda katakan, namun anda pribadi mendengar tiap kata yang anda katakan. Oleh karena itu, apapun pengaruh individual yang anda berikan kepada orang lain merupakan suatu pengaruh kumulatif yang anda berikan kepada diri anda sendiri. Pikirkan hal ini — kekuatan kata-kata anda dan pengaruh mereka untuk membentuk kehidupan anda adalah sangat besar.

Jika anda ingin menjadi seseorang yang makmur, jangan berbicara dengan mulut yang murah. Jika anda berbuat demikian, yang anda lakukan hanyalah membuat orang lain merasa diri mereka juga miskin, dan pengaruh kumulatifnya anda yang mendapatkan. Jika anda merasa sakit, jangan selalu ceritakan tentang sakit anda kepada orang lain. Tiap orang dengan siapa anda berbicara mendapatkan bagian sangat kecil dari pengaruh itu, namun badan anda menerima seluruh dampak dari semuanya yang anda katakan. Kita sependapat bahwa orang-orang lain terpengaruh oleh apa yang anda katakan; dan jika anda mau, dengan beberapa kata bermurah hati yang anda ucapkan tepat pada waktunya, anda dapat menggembirakan kehidupan seseorang. Jika ini memang benar, tentu anda dapat menggembirakan kehidupan anda sendiri, karena anda adalah penerima pengaruh kumulatif dari tiap kata yang anda ucapkan. Maka, anda jauh lebih banyak membentuk kehidupan anda sendiri daripada anda mempengaruhi kehidupan dari para pendengar anda. Apakah anda berbicara kepada anak-anak anda, atau berusaha untuk mengarahkan mereka, ataukah kepada orang-orang di kantor atau orang-orang yang datang ke rumah anda, anda mempunyai pengaruh terhadap mereka semua; namun anda menerima pengaruh kumulatif dari tiap-tiap dampak itu.

Dapatkah anda melihat suatu kebenaran besar di sini? Oleh anda sendiri, oleh kata-kata anda sendiri, pengaruh yang anda berikan kepada orang lain, dihasilkan di dalam anda sendiri dalam bentuk kumulatif. Tidak dapatkah anda melihat bahwa apa yang anda perlakukan terhadap orang lain, akan berlaku untuk anda sendiri? Anda membentuk kehidupan anda sendiri, mempengaruhi kehidupan anda sendiri karena sifat kata-kata yang anda ucapkan, dan ingatlah, anda mendengar tiap kata yang anda ucapkan. [dari buku karya DR. Robert Anthony]

3 thoughts on “Tiap Kata yang Anda Ucapkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s