Pendaftaran CPNS Sulsel Awal November


Perkiraan penerimaan CPNS Sulsel Oktober ini nampaknya tertunda. Kendati usulan rincian formasi CPNS Pemprov Sulsel sudah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan), namun masih ada sejumlah agenda yang harus dilakukan.

Pemprov tinggal menunggu usulan formasi tersebut disetujui pemerintah pusat. Jika disetujui dalam waktu dekat, menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel A Murny Amien Situru, diperkirakan awal November pemprov mulai membuka pendaftaran CPNS.

Pihaknya tidak memastikan pendaftaran CPNS bisa dilaksanakan Oktober ini. Kendati keputusan Kemenpan sudah keluar namun, lanjut Murny, pihaknya masih harus menyelesaikan dulu persyaratan teknisnya.

“Kalau November itu kita sudah bisa mulai pendaftaran CPNS,” ungkap Andi Murny, Minggu (3/10).
Mantan Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah Sulsel itu menjelaskan, tahun ini, Sulsel mendapat kuota 277 CPNS, masing-masing untuk tenaga teknis 114, tenaga kesehatan 150, dan pelatih olahraga 13 orang.

Untuk tenaga teknis, disiplin ilmu yang akan diterima tahun ini diantaranya untuk jenjang strata 1 yakni Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Geologi, dan Teknik Arsitektur, Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan, Hubungan Internasional, dan Ekonomi Profesi Akuntansi.

Jenjang D3 disiplin ilmu yang diterima yakni Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, D3 untuk pranata komputer.
Untuk olahraga, Pemprov Sulsel menerima CPNS dengan berbagai disiplin ilmu namun tetap harus memiliki prestasi dibidang olahraga (atlet berprestasi).

Tenaga Kesehatan menyerap porsi terbesar dalam penerimaan CPNS tahun ini. Alasannya, Rumah Sakit Sayang Rakyat yang dibangun Pemprov Sulsel untuk melayani pasien kelas III mulai beroperasi namun masih kekurangan tenaga medis.

Rincian formasi untuk tenaga kesehatan yang akan diterima Pemprov Sulsel yakni dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis obgyn (kandungan), dokter spesilasi bedah, dan dokter spesialis jiwa.

Selain itu, pemprov juga akan menerima dokter umum, dokter gigim penyuluh kesehatan masyarakat, S1 Kimia Farmasi, Apoteker, D3 Kebidanan, D3 Rekam Medis, D3 Perawat, dan D3 Perawat Gigi.

Untuk mengantisipasi tidak ada pendaftar pada formasi dokter ahli, menurut A Murny, pihaknya berencana akan mengalihkan ke formasi dokter umum agar kuota yang diberikan Pemerintah Pusat terisi semua.

Berbeda dengan tahun lalu, seleksi CPNS tahun ini lebih ketat karena panitia penerima CPNS menyiapkan tes berlapis. Selain itu, standar yang ditetapkan juga semakin tinggi.
Tes yang harus dilewati pendaftar CPNS adalah seleksi berkas, tes akademin, tes kesehatan, tes wawancara, tes Bahasa Inggris, dan tes baris-berbaris. Selain itu, untuk pelamar CPNS berijasah S1, indeks prestasi kumulatif (IPK) yang ditetapkan minimal 3,00.

“Itu persyaratan yang dianjurkan pemerintah pusat. Pemprov Sulsel sudah siap untuk mengikuti prosedur tes tersebut. Kita ingin mendapatkan pamong yang berkompetensi. Kita berharap Sulsel menjadi percontohan di seluruh Indonesia dalam penerimaan CPNS,” jelas A Murny. [via]

JANGAN LUPA INFORMASI CPNS 2010-2011 LAINNYA BISA ANDA LIHAT DISINI
Contoh Soal CPNS 2010 GRATIS Bisa Anda Download di Bawah Ini
[DOWNLOAD DISINI]

Latihan Soal CPNS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s