LOMBA KARYA TULIS KETENAGALISTRIKAN


Tema: Subsidi Listrik untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat

Dasar Pemikiran:

Subsidi listrik saat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan di dalam menjaga keberlangsungan pasokan tenaga listrik yang diamanatkan kepada PT. PLN berdasarkan UU No 15/1985 sebagai pemegang kuasa usaha ketenagalistrikan (PKUK).  Nilai  subsidi listrik yang harus disediakan oleh pemerintah sangatlah besar, yang tentu saja membebani  anggaran belanja negara.   Hal ini terjadi akibat tidak seimbangnya antara harga pokok produksi dengan harga jual yang tercakup pada tarif dasar listrik tahun 2004 yang belum mengalami perubahan dalam lima tahun terakhir ini. Usaha pengurangan biaya produksi untuk mengurangi beban subsidi listrik  telah dilaksanakan secara sistemik dan berkesinambunagn melalui penghematan  biaya Bahan bakar minyak dan efiseiensi lainnya.  Namun hal tersebut masih belum cukup.  Diperlukan terobosan, inisiatif, dan kegiatan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan sektor tenaga listrik termasuk pelanggan listrik.  Penurunan subsidi listrik melalui penghematan disisi pengguna akhir harus terus dieksplorasi. Selain itu mekanisme penyaluran yang tepat sasaran serta membawa signal positif  bagi pertumbuhan ekonomi dan kesadaran akan penghematan layak terus dikembangkan dan diformulasikan dengan seksama sehingga memberikan  manfaat yang sebesar besarnya pada pembanguan dan masayarakat Indonesia.

Dengan  dilandasi pemikiran tersebut, lomba karya ilmiah dengan tema ’Subsidi Listrik untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat’ diselenggarakan. Melalui lomba karya tulis ini diharapkan masyarakat sebagai pengguna listrik dapat menyadari besarnya beban pemerintah untuk menanggung subsidi yang notabene diberikan tidak hanya kepada rakyat pra-sejahtera tetapi juga untuk kalangan mampu (kaya) , business dan industry.

Disamping itu, melalui karya tulis ini, masyarakat dapat disadarkan  akan  besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membangkitkan, dan mendistribusikan energi listrik sehingga diharapkan masyarakat dapat memberikan masukan kepada PLN dan Pemerintah untuk menurunkan biaya subsidi listrik seperti misalnya dengan membuat penetapan struktur pentarifan yang lebih tepat,  penyesuaian tarif pada kelompok pelanggan tertentu, memanfaatkan energi terbarukan, melakukan penghematan penggunaan listrik dan lain lain, dengan demikian subsidi listrik lebih tepat sasaran yakni kepada masyarakat kurang mampu. Pada akhirnya dapat memberdayakan ekonomi masyarakat.

Tujuan:

1.   Menyamakan persepsi tentang tingginya biaya membangkitkan, mentransmisikan dan mendistribusikan energi listrik serta membangun kesadaran masyarakat (Public awarness campaign) tentang tingginya biaya penyediaan tenaga listrik.

2.   Mencari masukan yang seluas luasnya dari masyarakat tentang alternative solusi penurunan subsidi listrik dan kaitannya dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

3.   Mencari alternatif mekanisme penyaluran subsidi listrik yang tepat sasaran dan tepat guna yang membawa rasa keadilan dan membawa menfaat yang sebesar besarnya kepada bangsa Indonesia.

4.   Memberikan masukan kepada pengambil kebijakan di sektor tenaga listrik dalam pengelolaan dan pemanfaatan  subsidi listrik

5.   Mengangkat citra PLN dimata masyarakat.

Ketentuan dan persyaratan lomba adalah sebagai berikut :

1.   Peserta lomba terdiri dari masyarakat umum (tidak termasuk karyawan PLN).

2.   Lomba dapat diikuti oleh perseorangan atau tim. Apabila tulisan dibuat oleh tim, hadiah akan diberikan melalui perangkum tulisan atau penulis yang pertama-tama disebut dalam by line.

3.   Karya Tulis dikirim dalam format PDF, disertai identitas pribadi (termasuk nomor telepon yang mudah dihubungi) melalui email ke alamat :

lombakaryatulis64@pln.co.id

cc. ke

karyatulis.hln@gmail.com

subject : Lomba Karya Tulis Ketenagalistrikan HLN ke-64/2009

4.   Panitia tidak melayani surat-menyurat.

5.   Karya tulis dikirimkan kepada Panitia selambat-lambatnya tanggal 1 Oktober 2009 (tanggal kirim email).

6.   Bentuk tulisan bebas, dalam bahasa Indonesia, panjang 4 – 10 halaman, spasi 1,5 pada ukuran kertas A4.

7.   Karya Tulis merupakan karya orisinal (bukan terjemahan, jiplakan dan saduran).

8.   Penilaian karya tulis meliputi: Orisinalitas ide, pemahaman terhadap tema dan topik permasalahan, kekayaan informasi yang terkandung dalam karya tulis, ketepatan menganalisis atau menafsirkan permasalahan, kekuatan data, fakta, dan argumentasi; karya tulis tersebut membawa kemajuan pemikiran, bermanfaat bagi pembaca, serta bahasa yg digunakan mudah dimengerti/komunikatif.

9.   copy right naskah karya tulis yang masuk menjadi milik PLN.

Dewan Juri terdiri dari pakar/ praktisi kelistrikan, pakar/ praktisi komunikasi, dan pakar/ praktisi jurnalistik dari PT PLN (Persero) Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan.

Total hadiah Rp 60 juta (termasuk PPH) dengan rincian: Hadiah pertama Rp 25.000.000,-   Kedua Rp 15.000.000,-   Ketiga  Rp 10.000.000,-  , Peserta Favorit Rp 5.000.000,-  Peserta Pilihan  Rp 5.000.000,-

Hasil penilaian Dewan Juri akan dipublikasikan melalui media masa dan website PLN (www.pln.co.id) pada tanggal 21 Oktober 2009. Seluruh Pemenang Utama dan Pemenang Hiburan akan diundang hadir untuk menerima penghargaan pada peringatan Hari Listrik Nasional ke 64 di PT PLN (Persero) Kantor Pusat, Jalan Trunojoyo Blok MI/135, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160, pada tanggal 27 Oktober 2009.

Panitia Penyelenggara

Peringatan Hari Listrik Nasional ke-64/2009

PT PLN (Persero)

One thought on “LOMBA KARYA TULIS KETENAGALISTRIKAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s