SITU di SITU GEDE


PICT1554Bogor terkenal dengan kota hujan, juga katanya kota seribu angkot. Menurut saya Bogor juga merupakan kota yang masih terdapat banyak tempat alami yang memiliki pemandangan yang indah. Alam yang ada di Bogor merupakan potensi bagi Bogor sebagai tempat berwisata. Di beberapa tempat wilayah Bogor tidak jarang kita temui tempat-tempat yang bisa digunakan sebagai wisata alam. Tempat refreshing untuk menghilangkan lelah dan penat pikiran setelah menjalankan berbagai aktifitas sehari-hari yang menjadi rutinitas, bekerja misalnya. Biasanya untuk melakukan aktifitas ini di akhir pekan atau waktu liburan.

PICT1372Situ di Situ Gede adalah salah satu alternatif tempat yang bisa dikunjungi untuk merefresh pikiran. Menuju tempat ini bisa ditempuh dengan transportasi pribadi mobil, sepeda motor atau sepeda, ada tempat parkir yang disediakan. Bisa juga dengan transportasi umum dengan angkutan kota 15 dari terminal angkot Merdeka (samping PGB/Pusat Grosir Bogor), perjalanan menuju situ ini kurang lebih 30-40 menit. Alamat tepatnya di Jl.Tambakan Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

PICT1373Namanya juga situ, maka objek utama adalah ‘situ’ atau ‘danau’. Kabar gembira buat anda bahwa untuk saat ini masuk lokasi situ tidak dipungut biaya apapun alias gratis paling hanya bayar parkir jika bawa kendaraan pribadi. Sesuai informasi yang saya peroleh bahwa situ ini adalah situ alami yang sekarang sudah dibuat pondasi di sekelilingnya. Cukup besar juga menurut saya, misalnya anda berkeliling memutari situ ini saya jamin juga capek, atau misalnya berenang menyeberangi situ ini juga saya jamin pasti capek. Terdapat juga warung-warung tenda yang siap menghilangkan rasa lapar atau haus kita.

PICT1387MAsuk lokasi situ udaranya sejuk, ini karena di salah satu sisi terdapat hutan kecil atau pepohonan, Hutan Penelitian Dermaga. Disekitar hutan itu ada penangkaran kijang, jadi ada kandang kijang. Situ ini cocok untuk wisata keluarga, sekolah atau outbond. Yang hobi memancing bisa membawa pancing sendiri dan memancing ikan, menurut informasi situ ini ditanami ikan oleh pejabat walikota sebanyak 15 ton, mungkin ikannya berdesak-desakan ya.

PICT1504Untuk berkeliling di tengah situ bisa menggunakan sepeda air atau speed boat yangdisewakan. Harga sewa sepeda air Rp.5.000;per 10 menit dan untuk speed boat Rp.5.000; per orang.

Selamat mencoba berkunjung ke situ di Situ Gede, kalau ingin memancing jangan lupa bawa alat pancing sendiri. Di tempat yang tidak jauh dari situ ini juga terdapat situ yang tidak kalah menariknya, namanya Situ Burung, tapi saya belum sempat kesana, baru katanya, suatu saat pengin kesana.

PICT1497‘SITU GEDE KIWARI NGANCIK DINA SANUBARI’, ada yang bisa bantu menerjemahkan kalimat itu? (harap maklum saya bukan asli Bogor).

 

 

 

PICT1553

PICT1556

9 thoughts on “SITU di SITU GEDE

  1. Mantaff… suer saya lom pernah kesini nih… blogor kapan piknik kesana nih…

    mas fajar saya izin copas linknya untuk di FB grup I Love Bogor yak

  2. @ardian
    makasih bantuan translatenya, ada yang nambahin…?

    @antoke
    silahkan coba berkunjung

    @anka
    terimkasih.
    silahkan mas anka.

  3. wah .. teringat jaman smu .. sering cabut sekolah bareng doi ke situ ini .. hihihi .. dulu mah blm di tembok danau nya .. ga ada boat atau perahu bebek .. warung2 juga belum ada ..ajib dah buat mojok .. hihi ..

    sekarang dah rame warung2 ,, udah banyak yg mancing gara2 pak wali namem ikan .. udah ga bisa mojok lagi .. hehe .. tp tetep ga bosen iseng2 nongkrong sendiri kesitu buat ngopi2 di warung nya .. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s