Kebersamaan Angkatan 11 Bogor EduCARE (BEC)


PIN 11Saya mendapat ajakan (atau lebih tepatnya undangan) dari siswa angkatan 11 BEC untuk ikut dalam acara kumpul bareng/silaturahim angkatan 11, ajakan itu dari Irpan (ketua acara) dan Wardah. Memang waktu-waktu ini adalah waktu-waktu akhir dari angkatan 11 dalam melaksanakan program OJT (on the job training) atau PI (Parktek Industri). Mungkin mereka ingin sekedar bertemu teman-temanya yang beberapa bulan belum sempat ketemu atau sekedar refresing di tengah kesibukanya membuat laporan OJT yang harus dibuat dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Siapapun dia kalau yang namanya manusia pasti membutuhkan waktu untuk refresing.

PICT1551Acara kumpul bareng ini dilaksanakan pada hari Kamis 25 Desember 2008 di Situ Gede (atau Situ CIFOR ya…) alamatnya di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Saya berangkat bersama teman kerja, pak Ramlan dan Istrinya dan satu siswa angkatan 11, Nadia. Berangkat naik angkot 05 turun di Balai Kota Bogor pindah angkot 07 menuju PGB (Pusat Grosir Bogor) Jl. Merdeka. Di dekat PGB sudah berkumpul beberapa siswa yang memang ‘janjian’ mau berangkat bersama-sama dari tempat itu. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya berangkat bersama-sama menuju ke tempat acara di Situ Gede men’carter’ angkot dari terminal angkot Jl. Merdeka.

PICT1554Dengan perjalanan sekitar 30-40 menit melewati hutan dan perkampungan sampai juga di Situ Gede, turun dari angkot langsung bisa melihat pemandangan Situ, semilir angin sejuk menyambut kedatangan kami. Saya dan rombongan jalan di tepi Situ menuju tempat dimana acara akan dilaksanakan. Acara akan dilaksanakan di antara pepohonan yang cukup rindang dan tinggi-tinggi. Tempat acara sudah cukup ramai dengan siswa-siswa yang sudah datang duluan dan yang mempersiapkan acara.

PICT1373PICT1379

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan terjemahanya oleh Abdul Mukti dan Susanto H. Kemudian materi sosialisasi tentang KALBEC (Koperasi Alumni BEC) oleh Mr. Ramlan Widiawan, salah satu hal yang disampaikan adalah mengenai gambaran kedepan KALBEC sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah. Acara selanjutnya sebetulnya materi tentang motivasi di dunia kerja yang akan disampaikan oleh Mr. Adi Purwanto, tetapi beliaunya belum bisa hadir, katanya masih on the way. Karena Mr Adi p belum hadir maka acara ditukar untuk sosialisasi Ikatan Alumni Angkatan BEC 11, dipimpin oleh Usep Solihin (ketua Best angkatan 11).

PICT1414Mr Adi P datang juga, beliau datang bersama Miss Yuli dan Miss Chussy, katanya karena menunggu Miss-Miss inilah yang membuat keterlambatan. Materi motivasi yang disampaikan Mr. Adi sangat menarik, yaitu tentang “Rantai Gajah” (RG) dan “Kotak Korek Api” (KKA). “Rantai Gajah” dan “Kotak Korek Api” adalah gambaran “belenggu” yang hadir di pikiran kita. Bagaimana “RG” dan “KKA” itu sudah ter’minded’ di dalam pikiran karena terbentuk dari pengalaman hidup, lingkungan keluarga, pergaulan atau lingkungan kerja. Untuk memperdalam materi ini ada pertanyaan-pertanyaan dari siswa diantaranya dari Ikmal, Permana, Rina, Ikrar dan Yusup. Menjelang jam istirahat diadakan game. Setelah istirahat yang diisi sholat Dzuhur dan makan siang dilanjutkan materi tentang silaturahim dan muhasabah bersama Mr.Angga. Pada sesi ini sempat diwarnai turunya berkah dari langit, hujan. Acara ditutup dengan do’a.

PICT1418Manusia yang makhluk sosial mempunyai kehidupan yang tidak lepas dari interaksi dengan lingkungan sosial dan individu yang lain. Salah satu bentuk interaksi dalam lingkungan sosial adalah ‘silaturahim’. Silaturahim adalah kata majemuk yang terambil dari kata ‘shilat’ dan ‘rahim’. Kata shilat berakar dari kata yang berarti “menyambung”, dan “menghimpun”. Ini berarti bahwa hanya yang putus dan yang berseraklah yang dituju oleh kata shilat. Sedangkan kata rahim berarti “kasih sayang”, jadi hubungan siaturahim adalah hubungan kasih sayang. Rahim juga digunakan dalam istilah “peranakan” (kandungan), karena anak yang dikandung selalu mendapatkan curahan kasih sayang, tempat dimana bayi tumbuh dan berkembang sebelum ia terlahir ke dunia. Rahim menjaga supaya bayi itu tumbuh dengan baik, aman dan nyaman. Oleh karena itu dengan silaturahim adalah proses untuk saling menjaga dan melindungi, dengan silaturahim harus menjadikan lingkungan menjadi aman dan nyaman. wallohu’alam bisshowab.

PICT1522

PICT1395

Salam kebersamaan untuk angkatan 11 Bogor EduCARE. (klik Blog )

PICT1546PICT1542

PICT1549

PICT1432

PICT1375

PICT1440

Nabi saw. Bersabda: “Tidak bersilaturahim (namanya) orang yang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi (yang dinamakan bersilaturahim adalah) yang menyambung apa yang putus” (Hadis Riwayat Bukhari).

3 thoughts on “Kebersamaan Angkatan 11 Bogor EduCARE (BEC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s