"Berbagi Bersama" "Luar Biasa"


Image

BACK DROP TALK SHOW

Saya baru tahu bahwa judul yang saya tulis diatas adalah slogan Blogor, maaf saja di Blogor hanya sebagai penggembira. Kenapa ada slogan seperti itu, pasti mempunyai maksud dan tujuan. Tidak hanya kata tanpa makna atau slogan tanpa realita. Ini terbukti dengan acara Talk show yang diadakan Blogor pada hari Sabtu 15 november 2008 di LPP Purnawarman yang terletak di Jl. Sudirman No 35 Bogor. Salut dan bangga buat Blogor yang usianya masih dalam hitungan bulan (terbentuk tanggal 24 Agustus 2008) dan konsisten ingin mewujudkan slogan-nya.

Image

PROF SAFRI (GURU BESAR IPB) berdialog dg Peserta

Tema Talk Show “Blog sebagai wahana Belajar dan Sosialisasi“, kali ini blogor ingin berbagi dengan rekan-rekan siswa SMA dan Guru se-Bogor raya. Kalau boleh saya berkomentar, tema diatas ada 3 kata utama, “Blog”, “Belajar” dan “sosialisasi”; dari materi Talkshow yang disampaikan Bunda Menik (bendahara Blogor) dan kang Hangga Damai (pupuhu Blogor) kemarin ‘Blog’ berasal dari ‘web log’, nah ini sebagai medianya untuk dua kata berikutnya itu, contoh blog adalah yang anda baca ini. Kata kang Hangga juga dengan blog bisa dimanfaatkan untuk ber’sosialisai’, bisa tambah teman, saudara, mitra bisnis dsb. Katanya kultur di Asia khususnya asia Tenggara khususnya lagi Indonesia (negeri kita tercinta) adalah bersosialisasi, blog salah satu contoh bentuk jejaring sosial selain Friendster, FaceBook, Plurk etc, dan blog ini mempunyai manfaat yang lebih dibanding jejaring sosial yang lainya.

ImageHidup adalah proses ‘Belajar’. Dari kita lahir yang tidak bisa jalan akhirnya bisa jalan adalah dengan proses belajar. Contohnya juga Bapak Prof. TB Sjafri Mangkuprawira yang juga menjadi nara sumber di Talkshow kemarin, beliau bisa menjadi Profesor ngga mungkin kalau ngga belajar (salam hormat saya buat beliau yang begitu tulus dan perhatian sama generasi muda). Kalau beliau ini mengambil tema materi “NGEBLOG:MULANYANYA ENGGAN TAPI LALU ASYIK”. Beliau bercerita awalnya blog-nya dibuatkan oleh mahasiswa bimbingannya (Pak Riri Satria), tapi kemudian dengan blog tersebut beliau bisa berbagi banyak ilmu dan memberi manfaat bagi siapapun. Bahkan blog-nya pernah juara juga.

ImageAcara sesi 1 yang dimulai jam 09.00 WIB diikuti oleh adik-adik siswa SMA. Selain ketiga nara sumber yang hebat, acara ini menjadi semakin menarik karena juga dipandu (baca:moderator) oleh orang hebat kang Cucu Haris (juga ketua Panitia Talkshow). Acara ini didukung oleh berbagai pihak (baca:sponsor) makanya hampir lebih 30-an doorprize dibagikan kepada peserta, dibagi kartu Flexi gratis dari Telkom Bogor yang dipimpin oleh bapak Prasabri (malam harinya/H-1 beliau ini hadir menyempatkan diri melihat persiapan panitia), termasuk snack yang nikmat (dari pakar kuliner – Bu Desi), kopi Indocafe, buku-buku bermutu dari penerbit Erlangga dan Gramedia, tempat yang nyaman dan ber-AC di aula LPP Purnawarman, juga sebelumnya publikasi (baca : siaran) di radio Lesmana, Sipatahunan dan Radio Pertanian Ciawi.

ImagePertanyaan demi pertanyaan dari peserta terus mengalir, peserta begitu antusias. Diharapakan dengan mengikuti Talkshow (sesi 1) ini peserta yang semuanya dari generasi muda akan bisa memanfaatkan waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat, saya melihat berita di Tv ada tawuran pelajar yang memakan korban jiwa, ada pelajar yang berbuat mesum (maaf:pesta seks), menghabiskan waktunya bermain game. Harapanya nge-blog bisa menghilangkan aktifitas-aktifitas negatif di kalangan pemuda/pelajar saat ini. Diharapkan aktifitas nge-blog bisa sebagai sarana pelajar untuk membiasakan diri selalu berfikir, menuangkan ide dengan menulis, membaca dan bersosialisasi. Dengan begitu pemuda sekarang yang calon pemimpin masa depan sudah mempunyai bekal yang baik, paling tidak bisa untuk memimpin dirinya sendiri atau keluarganya nanti.

ImageSetelah panitia makan nasi pada siang hari dan sholat (bagi yang menjalankan) sesi 2 dimulai jam 13.00. Sesi 2 dari Talkshow diikuti oleh para ‘Pahlawan tanpa Tanda Jasa’. Kalau yang sesi 1 pesertanya dari anak didik, sesi 2 ini pesertanya bapak/ibu yang mendidik, supaya bisa sinergi gitu katanya. Sesi kedua ini juga dihadiri dan dibuka oleh perwakilan dari Diknas Kota Bogor (saya lupa namanya). Menampilkan nara sumber yang sudah berpengalaman di dunia pendidikan dan tentunya juga berpengalaman di dunia bloging. Mas Romi Satria Wahono sebagai pembicara pertama. Beliau datang jauh-jauh dari Jakarta meninggalkan aktifitas sebagai dosenya demi Blogor dan para Guru di Bogor. Mas Romi menyampaikan materi tentang ‘Personal Branding’ di dunia maya. Bercerita banyak hal sampai pada akhirnya beliau bisa berhasil seperti sekarang. Dari praktisi pendidikan yang sering langsung berinteraksi dengan guru dan siswa adalah Bapak Matrisoni dan Bapak Bambang Aryan (ketua MGMP Online Kota Bogor). Kedua bapak ini begitu sangat perhatian dengan pengembangan dunia pendidikan. Beliau-beliau ini menggunakan blog sebagai sarana berbagi ilmu tentang dunia pendidikan, sebagai sarana komunikasi atau sharing, diskusi antar tenaga pengajar. Sesi 2 ini dipandu oleh Pak Hartanto yang juga banyak mengetahui tentang dunia pendidikan.

Image Image

Adalah sebuah kebahagiaan ketika Blogor bisa berhasil berbagi. Tetapi seperti yang disampaikan barudak Blogor (Pak Hartanto, Kang Cucu Haris, kang Hangga Damai dsb) setelah selesai acara; nasehatnya (bukan dari saya lho…) perjalanan masih panjang, terus berkarya dan jangan mudah puas, tidak silau dengan sebuah keberhasilan, tetap dijaga kebersamaan/persohiblogan (meminjam istilah dari bunda Menik) walaupun dari latar belakang yang beranekaragam.

Cerita sedikit dengan tanggung jawab saya di Talk Show kemarin. Pada saat acara berlangsung (sesi 1 dan sesi 2) saya diberi amanah dari sie acara untuk memegang komputer (bahasa kerennya jadi operator menjalankan slide dari pembicara), walaupun harus menahan buang air sampai acara berakhir tapi saya senang karena bisa menyimak semua materi yang disampaikan nara sumber. Untuk persiapan acara, saya hanya bisa membantu dalam hal mendesain, salah satunya backdrop yang di depan itu hasil desain saya (maaf ya sodara2 kalo terlalu sederhana), sebelumnya H-1 pada malam hari bantu-bantu persiapan seting tempat dan sound system. Yang lucu adalah saya bawa karpet buat didepan tapi dah jelek (ngga layak untuk acara Blogor) akhirnya pagi harinya sebelum acara dimulai saya nyari pinjaman karpet kampus yang lebih bagus sekaligus pinjam kamera digital. Alhamdulillah bisa bantu-bantu walaupun hanya sedikit.

Image

Image

 

 

Image

tulisan serupa :

Pak hartanto

Behind The Scene – Bu Desi

Bunda Menik

Kang Cucu Haris

Kang Falla

Kang Iman

de el el…

38 thoughts on “"Berbagi Bersama" "Luar Biasa"

  1. blogor tidak akan ada apa-apanya tanpa kehadiran mas fajar. Tiap orang ambil bagian, demi terbentuknya sebuah komunitas yang solid🙂
    salam blogor
    berbagi bersama luar biasa

  2. mas, penggembira artinya luas banget loh, membuat orang lain tersenyum saja sudah ibadah apalagi membuat gembira, dunia berputar begitu juga blogor dgn rencana2 mendatang, tetep semangat dan jadilah penggembira selalu, salam

  3. kang fajar,,,, ternyata, saya baru tau kalau mas juga milanisti..
    tau gitu tak ajakin nonton bareng kang kemaren..
    heheheh
    masi aktif ikutin beritanya ga??

  4. Terimakasih semuanya, saya banyak belajar dari anda semua… salam hormat dan salam hangat.

    @Kang Falla
    kapan-kapan boleh ikutan main futsal dong.
    ya ngikutin dikit lah, tahu kalo di Milan ada Ronaldinho, Sheva, Khaka.

    @pak hartanto
    yang ngajari khan pak hartanto, jd pak hartanto lebih TOFF…
    boleh-boleh saja pak…

  5. terima kasih untuk semuanya, para panitia n para pembicara pada acra Talk Show Blog, 15 Nopember 2008.

    saya banyak mendapatkan ilmu mudah-mudahan bermanfaat bagi saya yang masih awam dalam hal blogging.

    adain lagi donk acara yg kayak gituan.
    thx

  6. @ firman : di picasa-nya pa htts keknya foto lo cukup banyak deh…

    Mas Fajar, ayo keluarkan seluruh foto2 kemaren… teruatama yga ada sayahnya… *tetep narsis*

    *masih terus hunting foto2 talkshow kemaren*

  7. sebenarnya saya ga tau itu acara apa?
    tapi setelah baca blog Bapak saya jadi tau…
    Kayaknya seru ya Pak?
    Mahasiswa BEC ada yang diundang ga?
    Tapi walaupun tidak di undang saya bisa merasakannya ko..

  8. @firman
    dah dijawab ma missjutek (padahal nama aslinya bagus loh : Ismiati Azizah)

    @missjutek
    ada banyak fotonya miss, tp kalo diupload semua bs hang komputernya.

    @dieyna
    saya dah menengoknya kang, iya banyak fotonya foto saya jg ada.

    @dondanang
    tempatnya nyaman kang danang, bisa konsentrasi menyimak nara sumber, lain kali sy siap kalo ditunjuk megangi infocus lg.

    @iman
    kang iman best of the best

    @prasabri
    matur thank you pak Prasabri, kata Tukul Arwana “pujian adalah teror”

    @achoey
    terimakasih kang motivasinya,
    diriku lebih kagum sama dirimu.

    @uswah
    itu acara talk show Uswati H… tentang Blog untuk siswa SMA dan guru se Bogor-raya.
    memang seru, pembicaranya mantap…jd banyak tambah ilmu.
    untuk peserta hanya Siswa SMA dan Guru, jd siswa BEC ga bs, kalo mau nanti bisa ikut jd panitia dalam kegiatan blogor selanjutnya. daftar sj jd anggota di http://www.blogor.org

  9. Pak, sedih ga?
    sedih kenapa Us?
    karena Nabi tercinta kita dihina oleh orang….
    ayo pak semangat….
    kita tegakkan kalimatullah dimuka bumi ini
    biar semua tau bahwa Islam tetap mulia walau banyak yang menghujat.
    Allahu Akbar……..

  10. @uswah
    kalo Orang yang Mulia dihinapun tetap Mulia koq,
    justru yang menghina itu malah kelihatan hinanya.

    Itu hanya info “sampah” yang ngga bermutu.
    Yang buat gambar itu ngga berfikir bagaimana jika yang di gambar itu adalah Keluarganya sendiri (mungkin Ayah, Ibu, adik, kakak, istri/suaminya )…

  11. @pengendara
    itu karena tugas dan kewajiban yg diberikan ke saya mas, sy hanya berusaha menjalankan sebaik-baiknya…

    @uki21
    saya jg senang dg blogor, mas kmrn terimaksih mi “janda”nya

  12. @ afwan auliyar
    terimakasih kang, semoga blogor tetap semangat terus berkarya…

    @prys
    halo mas Prys, terimakasih atas undangan workshop nulis sama pak O.Solihin di Toko buku Jendela-nya.

    @rusle
    Terimakasih saranya Daeng Ruslie, iya itu memang resolusinya dikecilin….
    salam…

  13. Acara ini namanya ‘blogger masuk kota’. dari dunia maya menuju dunia nyata. Artinya, blogger Bogor sudah mulai punya peran mendidik masyarakat.

    Subhanallah, positif sekali. Semoga Bloggor tambah maju.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s