Blogger dan Generasi Muda


ImageGenerasi muda merupakan manusia-manusia masa depan, pemimpin-pemimpin masa depan ada pada generasi muda masa sekarang. Seharusnya generasi muda juga mempunyai sifat pemuda. Tidak bisa dipungkiri bahwa sejarah bangsa Indonesia tidak lepas dari peran generasi muda yang mempunyai sifat pemuda. Bisa jadi ada generasi muda tetapi tidak mempunyai sifat pemuda atau malahan ada generasi tua yang mempunyai sifat pemuda.

Sifat pemuda bisa dilambangkan dengan bambu muda (Rebung). Sifat rebung yang pertama adalah tegak dan runcing, ini menunjukkan bahwa sifat pemuda adalah kritis dan idealis. Sikap kritis ini dinilai sebagai bentuk kecintaan terhadap Tanah Air. Sikap kritis dan idealis penting untuk melahirkan pemikiran baru yang dapat menciptakan perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. Sifat rebung kedua, pertumbuhannya yang cepat atau ingin mendahului, menunjukkan bahwa sifat pemuda adalah dinamis. Dengan kemampuan tenaga yang masih kuat, pemuda akan bisa melakukan kegiatan atau aksi-aksi yang lebih banyak, aksi-aksi generasi muda apabila tidak diarahkan bisa menjadi aksi-aksi yang negatif atau merusak. Ketiga, sifat rebung adalah menggunakan pelindung dan bulu yang bisa membuat gatal, dalam bahasa jawa slumpring dan glugut, menunjukkan bahwa sifat pemuda cenderung protektif dan eksklusif ; seharusnya generasi muda tidak dengan mudah menerima informasi, perilaku, gaya hidup yang sebetulnya merusak generasi muda itu sendiri. Bisa digambarkan misalnya rebung itu tidak memiliki pelindungnya maka akan layu sebelum berkembang. Dengan sifat kristis dan idealis generasi muda akan menyeleksi informasi yang bermanfaat. Apalagi dengan adanya tantangan neoliberalisme , semua informasi bisa masuk ke suatu bangsa, seandainya tidak pandai menyeleksi, generasi muda juga bisa “layu sebelum berkembang”.

Blogger, dengan kemampuan menyerap informasi dengan cepat dari seluruh belahan dunia melalui dunia maya, dapat mengambil peran menjaga generasi muda. Bisa dengan komunitas blogger-nya. Komunitas blogger yang biasanya berasal dari latar belakang dan keahlian/potensi yang berbeda-beda merupakan kekuatan yang dapat mengambil peran tersebut. Kreatifitas pemuda bisa dikembangkan oleh blogger. Sebagai contoh pemuda yang di daerah lebih sulit dalam memperoleh informasi dan keahlian yang bermanfaat, blogger bisa menjadi fasilitator dan reinforcing supaya pemuda yang di daerah bisa lebih berkembang, baik pola pikirnya maupun kreatifitasnya.

Dengan aktifitasnya di dunia maya, blogger bisa melakukan diskusi, sharing pengalaman, komunikasi, penggalangan dana atau menjadi penggerak isu-isu kemasyarakatan yang berhubungan dengan pemuda yang bersifat positif. Misalnya generasi muda sekarang mempunyai kecenderungan memunculkan semangat kepentingan masa mayoritas/premanisme, peran blogger adalah bagaimana menghilangkan premanisme itu dari generasi muda dan diganti semangat kepentingan massa mayoritas untuk kemajuan bangsa, seperti semangat generasi muda pada tahun 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Blogger dan komunitasnya bisa membudayakan tradisi berfikir, menggalang solidaritas generasi muda, dan bersifat kritis yang membangun, tidak hanya mengkritisi kondisi sosial masyarakat yang sekarang dan masa lalu tetapi juga merencanakan ke depan dan melakukan aksi nyata. Dimulai dari komunitas-komunitas blogger lokal hingga sampai pada komunitas blogger nasional. Bisa juga menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan atau Lembaga Swadaya Masyarakat.

Dimulai dengan niat yang mulia untuk kepentingan bangsa, blogger dan komunitasnya bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa melalui generasi mudanya.

5 thoughts on “Blogger dan Generasi Muda

  1. Menjadikan Blogor sebagai Pusat sumber Belajar., Karena berkumpulnya beragam profesi yang saling memahami dan mengisi untuk kemajuan diri, keluarga, masyarakat, dan bangsa

    Salam Pemuda – Blogor.

  2. @ kang achoey…
    khan belajar dari kang achoey

    @pak Pasabri,
    sekali-kali serius boleh khan pak, masalah masa depan neh🙂 , ini jg kebetulan bisa nulis sprti ini pak, biasanya ga bisa nulis….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s