Syariat Islam di Indonesia


ImageIde menulis ini muncul ketika saya melihat acara ‘Debat’ di TV-One tentang pro-kontra Syariat Islam, tanggal 16 Juli 2008 malam. Sesi pertama menampilkan Muslim Abdurrahman + pendukungnya (dari PKB yang masih banyak pertimbangan syariat Islam diberlakukan di Indonesia) dan pihak kedua menampilkan Yusril Ihza Mahendra + pendukungnya (pihak yang mendukung syariat Islam diberlakukan di Indonesia. Sesi Kedua menampilkan Luthfi Assyaukani dari JIL -Jaringan Islam Liberal- yang menggantikan Muslim Abdurrahman dan Hamdan Zoelva dari PBB -Partai Bulan Bintang- yang menggantikan Yusril IM.

“Tegakkan Syariat Islam di Republik Indonesia….!!”,”Syariat Islam adalah satu-satunya solusi permasalahan bangsa Indonesia….!!”, barangkali kita pernah mendengar atau membaca kalimat seperti di atas atau kalimat yang sejenis lainnya.

Banyak yang masih ketakutan atau khawatir apabila mendengar kata ‘Syariat Islam’, sebetulnya apa sih yang ditakutkan? Apakah hukum-hukum Islam itu menyeramkan?. Apakah kalau medengar hukum/syariat Islam itu yang terbayang adalah hukum potong tangan, rajam, cambuk dsb. Islam tidak hanya mengatur hal seperti itu, hal tersebut hanya bagian dari hukum/syariat Islam, masih banyak hukum/aturan yang lainnya dalam Islam…(Ekonomi, Politik, Sosial – saya pikir semua aspek kehidupan ada aturannya), dari bangun tidur sampai tidur lagi ada aturan dalam Islam.

Selama ini hukum yang dipakai di Indonesia adalah hukum peninggalan kolonialis Belanda dan masyarakat menerima hukum itu. Padahal negara ini bisa merdeka juga karena diperjuangkan oleh kebanyakan pejuang-pejuang Islam yang pada saat itu dalam rangka jihad, buktinya Bung Tomo teriak “Allohu Akbar..!”, ada juga Jendral Besar Soedirman dengan kesholehannya, jadi Indonesia bisa merdeka juga karena mengambil dari hukum Islam yaitu hukum ‘Jihad’.

Pemahaman tentang ‘Syariat Islam’ setiap orang bisa berbeda-beda, hal ini yang diungkapkan Muslim Abdurrahman dengan tersenyum ketika mendengar perbedaan antara komentar Yusril IM dengan pendukungnya. Hukum Islam juga merupakan sumber hukum dan bisa juga digunakan di Indonesia, jika diterapkan di Indonesia dan masyarakat takut mendengar kata ‘syariat Islam’, bisa ditransformasikan menjadi hukum positif dan diregulasikan menjadi UU/Peraturan, hukum kolonialis Belanda saja bisa digunakan kenapa hukum Islam tidak?.

Dengan adanya otonomi daerah juga bermunculan perda-perda yang diambil dari hukum Islam. Contohnya perda ‘Jum’at Khusyu’, kalau perda yang digunakan demi kemshlahatan orang banyak, tidak menggannggu hak-hak kebebasan orang, dan bisa memperbaiki kehidupan bermasyarakat, kenapa harus takut mengambil dari hukum/syariat Islam…

Sebagai penutup dari tulisan ‘orang yang masih belajar’ ini; ada yang mengatakan kalau Syariat Islam itu bersumber dari Yang Menciptakan manusia,sehingga ibarat ‘manual book’ yang bisa mengatur ketertiban kehidupan manusia. Makanya kalau Syariat Islam tidak diterapkan, ya bisa dilihat kehidupan di masyarakat seperti apa…

 

Berikut ini sedikit resensi tentang Syariat Islam :

sumber : http://www.solusihukum.com/resensi.php?id=31

Upaya Membumikan Syariat Islam

Syariat Islam perlu ditegakkan dibumi Allah, untuk itu perlu memahamkan pada masyarakat tentang syariat dan hokum-hukumnya, agar hal itu semakin mendekat antara teori dan prakteknya.

Buku bersampul putih inilah salah satu buku yang menggambarkan potret hukum pidana Islam secara utuh. Gambaran ini meliputi adaministrasi peradilan pidana Islam, perlindungan HAM dalam hukum pidana Islam, efektivitas penerapan syariat Islam untuk membentuk non criminal society ‘memasyarakatkan anti kriminal’ dan agenda serta tantangan untuk membumikan hukum pidana Islam. Semua ini dilakukan oleh Penulis buku ini untuk mempersempit jarak teoritis hukum pidanan Islam dengan realitas.

Syariat Islam merupakan jalan yang diberikan oleh Allah Sang Pencipta makhluknya yang disampaikan melalui Al Qur;an dan hadits, sehingga hal itu dijamin kebenarannya. Dan ini telah digaransi oleh Sang Maha Pencipta sendiri. Sedangkan hukum yang dibuat manusia adalah hukum yang tidak terlepas dari kepentingan dan nafsu manusia. Syariat Islam itu pun bukan untuk kepentingan Allah, tetapi untuk kepentingan manusia itu sendiri. Untuk di Indonesia, untuk memahamkan tentang jarimah/tindak pidana diperlukan seratusan dokter untuk memahamkan seluruh bidang hukum pidana Islam.

Para ahli hukum Islam mengklasifikasi tujuan-tujuan yang luas dari syariat sebagai berikut :

1. Menjamin keamanan dari kebutuhan hidup merupakan tujuan pertama dan utama syariat. Yang dijamin ini meliputi agama, jiwa, akal, pikiran, keturunan dan hak milik

2. Menjamin keperluan hidup (keperluan sekunder) atau hajiyat.

3. Membuat perbaikan-perbaikan yaitu menjadikan hal-hal yang dapat menghiasi kehidupan sosial dan menjadikan manusia mampu berbuat dan mengatur urusan hidup lebih baik atau tahsinat (hal 19)

Yang jelas syariat Islam itu memiliki tujuan yang jelas, untuk mengamankan umatnya, dari berbagai kejahatan. Disini terdapat beberapa kejahatan yang diklasifikasikan dalam hukum pidana Islam.

Muhammad Ibnu Ibrahim ibnu Jurair, menyebut yang tergolong kejahatan hudud ada tujuh kejahatan yaitu riddah/murtad, al baghi/pemberontakkan, zina, qadzab/ tuduhan palsu zina, sariqah atau pencurian, hirobah/perampokkan dan shurb alkhamr/meminum khamr.

Kejaharan-kejahatan itu hukumnya sudah jelas, seperti zina hukumannya bagi penzina yang belum nikah didera 100 kali dan diasingkan setahun. Bagi penzina yang telah menikah hukumannya didera 100 kali dan dirajam dengan batu. Hukuman ini jika diberlakukan, orang Amerika banyak yang kena hukuman, makanya disama menolak hukuman itu, karena zina dianggap menyenangkan. Bahkan ia minta agar hukum itu agar dihilangkan.

Untuk qadzab/ menuduh palsu zina hukumannya 80 kali dera. Meminum minuman keras hukumannya didera 40 kali. Pencuri hukumannya dipotong tangannya. Perampokkan hukumannya perampok dipotong tangan dan kakinya secara bersilang. Untuk riddah/murtad hukumannya dibunuh atau dibiarakan supaya mati sendiri. Sebelumnya disadarkan agar kembali ke Islam. Pemberontak hukumannya diperangi. Serta pembunuh hukumannya diqishas dibalas dibunuh, atau bias juga diampuni oleh keluarganya.

Keputusan untuk menghasilkan hingga diberlakukan hukuman itu, dengan cermat dan teliti serta harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syariat, sehingga tidak sembarangan untuk mencapai hasil pelaksanaan hukuman itu. Misalnya hukuman penzina, harus ada saksi empat, atau pelakunya mengakui, saksinya tak boleh berdusta, dan harus benar-benar telah melaksanakan zina. Baru nanti dihukum.

Dalam hukum pidana Islam kedua golongan tindak pidana tadi yang berjumlah 12 (7 tindak pidana hudud dan 5 tindak pidana qishash dan diyat) sudah pasti dan tidak bias ditambah atau dikurangi. Sedangkan yang bias berubah hukum ta’zir untuk menjerat berbagai perbuatan merugikan, yang terus muncul atau berkembang dimasyarakat. (hal 39)

Adapun keunggulan hukum pidana Islam, yaitu mampu menekan kejahatan sampai titik yang sangat rendah. Misalnya di Arab Saudi, dalam waktu 25 tahun hanya terjadi 16 kali hukuman potong tangan setelah diberlakukan hukum pidana Islam. Makanya disana aman dari pencurian. Menurut Prof. Souryal orientalis, syariat Islam sangat berperan dalam membentuk satu masyarakat anti Islam sangat berperan dalam membentuk satu masyarakat anti kejahatan dan masyarakat dengan kontrol sosial yang tinggi (hal 89)

(Buku : Membumikan hokum Pidana Islam, Penegakkan Syariat dalam Wacana dan Agenda, karya Topo Santoso, SH, MH)

Sumber : Tabloid Jum’at, 23 Januari 2004 Resentor : Toha

59 thoughts on “Syariat Islam di Indonesia

  1. syariat isalm ga bisa menerima keragaman agama,suku dan ras di indonesia. Saya tolak syariat islam… orang hidup di indonesia bukan islam aja bro… peace…

  2. Daripada Islam dijadikan dasar politik tetapi negaranya tidak keruan, lebih baik Islam diamalkan sebagai pendorong lahirnya masyarakat yang berbudaya dan berperadaban.

    Saya juga muslim, dan menolak syariat Islam di Indonesia!

    • susah sih kalau berbicara dengan muslim yang tidak pernah mengkaji Al-Quran
      sudah tau Al-quran adalah pedoman hidup
      lah ko ayat-ayatnya cuma dilaksanakan sebagian-sebagian z, ga salah tuh brooo…

      • emang kalo dilaksanain semuanya trus kayak apa bro?
        emang lu dah mengkaji semua isi Al Quran apa?
        lu dah berbuat apa untuk negara?
        jangan asal mimpi tanpa liat kenyataan bro.
        punya idoelogi boleh, tapi lu liat tuh
        sodara-sodara muslim pada saling membi’dah,
        sodara-sodara muslim pada saling bunuh,
        sodara-sodara muslim pada suka berontak,
        sodara-sodara muslim pada mengkafirkan umat lain,
        sodara-sodara muslim banyak yang tidak penyabar.
        kalo lu pengen Islam tegak di dunia, lu harus bisa membuktikan semua kebaikan kebaikan Islam kepada umat di luar Islam.
        asal ngomong ga punya bukti ya buat apa?
        percuma lu pamer kepandaian lu tentang syariat.
        lu cuma ngliat sesuatu cuma dari kebenaran lu doang.

  3. syariat islam cuma berlaku bagi umat Islam. Kenapa orang agama lain yang kebakaran jenggot. Menjalankan syariat Islam adalah kewajiban bagi umat Islam. KEMBALIKAN PIAGAM JAKARTA !!!

  4. @baguscokie
    tai kucing syariat islam
    kalo lo pada masih mau nerapin syariat islam
    jangan protes klo maluku selatan,manado,papua pada merdeka.
    anjing indonesia
    bangsat lo islam
    kalau gitu dulu ngapain lo merdeka nyaplok lahan gua (tanah batak) anjing kalian penjajah. lebih baik gua balik ke inggris daripada sama indonesia tai

    hidup RMS
    menna mueria

    • hai RMS, suatu saat anda akan tau mana yang benar dan mana yang salah,ga tau itu di dunia maupun di akhirat
      kalau perlu gw usir aja lo ke Inggris,
      ini negara Insonesia bukan negara inggris ngapain lo ada di indonesia dan membentuk pemberontakan
      bukannya lo yang jadi penjajah???
      balik aja lo ke inggris gw juga ga butuh lo, di indonesia lo cuma jadi sampah dan pecundang

  5. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Kemerdekaan_kan atas rahmat Allah S.W.T.
    jadi pantaslah Indonesia berdiri berasaskan Syariat Islam
    yang tidak setujuh dengan hukum Allah
    ya….. keluar aja dari bumi Allah
    iya gk…..

    teruskan perjuangan
    Allah beserta kita

    Allahu Akbar….!!!!

  6. Bisa dipertanyakan tuh… aqidahnya orang muslim yang menolak syariat islam di indonesia
    bisa saja dia antek-antek, sekutu dan bonekanya USA sampah……
    ( untuk coment yang make ID : Ajaran)

  7. benar tuh kata (ID:Kaing)
    indonesia milik islam
    jadi yang ngontrak gk usah banyak bacot…

    toh indonesia dimerdekakan dengan kata
    ALLAHU AKBAR…!!!!
    bukan dengan kata
    HALELUYA
    iya gk…. (ID:Kaing)

  8. terserah deh kalo mau pake syariat islam
    tapi jangan harap kalo kami akan menyerah begitu ajah
    kami akan melawan sampai mati untuk kebebasan
    jangan harap indonesia nanti masih utuh coz sebagian wilayahnya pasti kami rebut kembali

    WE WILL NOT GO DOWN

    • brontak ch brontak cooy. tp ingat allah tu maha adil, jd g’ takut tuh dngan hukum allah???
      ingat qt nc idup dngn kridoan allah jd wjar lah allah mnetpkan syariat-syariat nya yang d’trapkan oleh islam!

  9. @ buat rizki
    pale lo ngontrak gua ama nenek gua juga dari dulu bukan islam
    kalau mau diriin negara islam diriin ajah di tepat yang semuanya islam. bebaskan tanah batak,maluku,papua,manado dan lain sebagainya.

    MERDEKAA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  10. kalian para muslim tak tahu diri. sapa bilang indonesia ini adalah bumi allah dasr islam di bangun di atas dusta da kebohongan dan kekerasan, agama para orang bodoh dan tak beradab, lou tau ngak dulu indonesia itu mayoritas hindu dan budha tapi kalian datang dgn tipudaya,penghasutan,kekerasan dan seperti musang berbulu domba, kalian sudah tidak mengharagai saudara kandung kalian yg ada di nusantara ini,kalian lebih cenderung mihak arab apa kalian berdarah arab, otak kalian sudah di cuci oleh para arabian itu dgn agama bodohnya…….jgnkira kalian bisa bertahan lm di indonesia ini ku ingatkan 65 tahun lagi kalain akan lenyap dari nusantara ini..setelaha itu kalian akan mengemis lagi utk belas kasihan lagi,,,dasar kammbiiinggggg baunya amis..
    kalian sudah melupakan perjuangan bersama masyarakat indonesia melawan penjajah tapi kini kalain muslim sudah berubah karena sibuk membela AGAMA TEROR kalian..jgn harap kalian buisa mengislamkan indonesia,kalo semua daerah non muslim memisahakan diri..darimana kalian bisa makan …kalian itu ngk nyadar kalian itu banyak hidup dari daerah kafir contohnya bali.papua.beberapa sulawesi.maluku

    kalian itu dasr MUNAFIIIIKKKKKKKKKKKKKKKKKK
    persetan dgn kalian

    kami akan merdeka jika kalian memaksakan syariat bedebah kalain jalan…..masih banyak negara kafir yg akan bantu kami…kmi tdk takut. lebih baik kmi di jajah inggris daripada di jajah muslim. yg hanya membawa kemiskinan..dan pembodohan …..mana ada negara muslim bisa maju karena mereka BODOH DAN DUNGGU….!!!!!!!! FUCK

    • KAFIR MERDEKA
      silahkan anda bergembira sekarang kafir di negara barat berkuasa di dunia,sudah tau kitab-kitab agama-agama kafir banyak yang masuk logika, masih aja kalian dibutakan oleh kepercayaan kalian sendiri,pakai logika kalian manusia di kasih akal untuk berfikir,coba kalian hidup di masa penjajahan inggris
      jangan anda seperti binatang yang tidak memiliki akan dan fikiran
      lihat di http://search.4shared.com/q/AgwD/1/video/quran+vs+injil
      dan dwonload semua videonya ada 26 buah,jangan cuma setengah-setengah broo
      yang menjelaskan kebenaran al quran dan membahas ketidak masukan akalnya injil yang lo agung-agungkan itu

    • KAFIR MERDEKA
      silahkan anda bergembira sekarang kafir di negara barat berkuasa di dunia,sudah tau kitab-kitab agama-agama kafir banyak yang tidak masuk logika, masih aja kalian dibutakan oleh kepercayaan kalian sendiri,pakai logika kalian manusia di kasih akal untuk berfikir,coba kalian hidup di masa penjajahan inggris
      jangan anda seperti binatang yang tidak memiliki akal dan fikiran
      lihat di http://search.4shared.com/q/AgwD/1/video/quran+vs+injil
      dan dwonload semua videonya ada 26 buah,jangan cuma setengah-setengah broo
      yang menjelaskan kebenaran al quran dan membahas tidak masuk akalnya injil yang lo agung-agungkan itu

    • silahkan anda sekarang bersenang-senang di dunia,karena kesenangan di dunia hanya kesenangan yang semu
      dan menyesalah anda sesudah anda mati !
      ketika penyesalan anda tidak akan menolong diri anda dari kebodohan anda

      • bener kan yang gue bilang,
        banyak umat agama yang ga sabaran,
        nih contohnya
        @wara yang dah ngrasa mengkaji seluruh Al Quran
        baru menghadapi kritikan kayak gitu dah nyumpahin si pengkritik.
        gimana nama Islam mau jadi baik?
        harusnya lu sabar bro, beri penerangan dan penjelasan yang baik sama orang di luar Islam biar mereka pada maksud.

  11. Bisa dipertanyakan tuh… aqidahnya orang muslim yang menolak syariat islam di indonesia
    bisa saja dia antek-antek, sekutu dan bonekanya USA sampah……
    ( untuk coment yang make ID : Ajaran)

    rizki bedebah jgn sok km menanyakan aqidah orang lain..kmu ngk nyadar sudah stengah abad islam meminpin indonesia. gmn apa kemajuan negara kita selama ini.yg sya liat hanya pembodohan dan kehancuran.kau liat di jawa yg mayoritas muslim banyak preman, pemerkosaan,korupsi. peraompokan.maling bertebaran begitupun begal.penyamun dan dan bbanyak lagi contoh kejahatn yg ada di bmi jawa.

    kau liat skr pakistan yg sudah menyebarkan syariat islam apa yg kemajuan pakistan sekarang.

    kau liat turki masyarakatnya sudah mentah2 menolak syariat islam krn mereka cerdas kalo syariat islam itu bikin negara bodoh dan sengsara

    berarti riski ini termasuk yg orang berotak kambing dan bodoh

    hidup amerika dan eropa krn mata uang mereka sy bisa hidup bahagia tdk seperti mata uang dilham yg hanya bisa di beliin kerupuk

  12. kalian pura2 tidak tahu akan kejahatn islam di masa lau dan sekarang.. apa kalian tdk pernah baca tulisan DR.ALI SINA yaitu seorang murtadin dari IRAN.

    apa kalian ngk pernah buka internet..dasar kalian hidup penuh dgn propaganda dan bodoh.

    WAHAI PARA MUSLIM KEJAWEN ..MURTADLAH KALAIN SEBELUM KALIAN BODOH DAN KEJAM..

    WAHAI PARA ALIRAN YG DI SESATKAN ISLAM… JADILAH KALAIN MAKLUK KAFIR KRN KALAIN AKAN LEBIH BAHAGIA.

    WAHAI PARA AHMADYAH RAPATKAN BARISAN KALIAN DAN TAMBAH ANGGOTA KALIAN JIKA FPI MAU MENGAHBISI KALIN …SIKAT SJ FPI

    SI RISKI INI ANTEK FPI DAN BASYIR

  13. Baru2 ini saya membaca artikel dlm kwtanweer.com dgn judul :
    “Al-Hind wa Pakistan … al-‘Ilmaniyya’ Tantaser” (India & Pakistan … Kemenangan2
    Sekularisme. )

    Ini ditulis oleh seorang Muslim Arab intelektual, yg membandingkan sejarah
    kedua negara sejak merdeka dari Inggris thn 1947, dan menyimpulkan bahwa India
    menjadi sebuah success story, sementara keadaan Pakistan amat menyedihkan.

    Berikut cuplikan dari artikel tsb dan disusul oleh analisa dan komentar saya.

    “Saat kami membandingkan negara Hindu sekuler India dgn Negara Islam Pakistan,
    kami kaget dgn kontras besar diantara keduanya.

    Presiden India sekarang adalah seorang Muslim, yg menunjukkan bahwa agamanya
    bukan penghalang bagi jabatan tinggi di sebuah negara mayoritas Hindu. Kita
    harus ingat bahwa sang presiden juga memainkan peran besar dlm pengembangan
    program nuklir India. Belum lagi kemajuan India dibidang teknologi, ekonomi,
    agrikultur dan pendidikan. Inida mencapai tingkat demokrasi yg menakjubkan.
    Bandingkan itu dgn keterbelakangan memalukan Negara Islam Pakistan, sistim
    pendidikannya, sistim ekonominya yg kembang kempis, meningkatnya terorisme dan
    kekuasaan ulama di negeri itu.

    Perbandingan antara India & Pakistan membuat seorang pengamat independen pedih
    melihat pemerintah Pakistan dan rakyat Muslimnya. India, setelah mengadopsi
    sistim pemerintahan sekuler, berhasil menyelamatkan diri dari berbagai masalah.
    Memang India juga tidak bebas dari fanatisme Hindu, sistim kasta, dan ledakan
    penduduk. Namun dgn sistim pemerintahan sekuler yg demokratis, India memiliki
    posisi lebih baik utk menghadapi tantangan2 tsb, dibanding dgn negara2 spt
    Pakistan dan Mesir.

    Dgn mengembangkan rejim sekuler, India sukses menciptakan sebuah way of life
    baru, baik dlm pemerintahan maupun dlm masy.

    Warga India, terlepas dari agama atau etnisitasnya, berpartisipasi dlm proses
    pembuatan keputusan. India bebas dari madrasah2 yg membawa dampak negatif bagi
    sistim politik Pakistan. Di India, peran ulama Hindu terbatas pada lingkup
    sosial; mereka tidak diijinkan mencampuri urusan legislatif. Dan walau India
    sekuler, politisi2nya bebas memeluk agama apapun selama urusan agama berhenti
    dipintu politik, ekonomi, edukasi & budaya; dlm arti bahwa sebuah keputusan
    politik tidak tergantung kpd pengaruh agama. Dgn ini juga, India menempati
    tempat terhormat di panggung dunia.

    Lewat pendidikan, India menciptakan manusia India [baru] yg didasarkan atas
    pemisahan agama & negara. Identitas agama diganti dgn identitas kewargaan.

    Sementara itu, Pakistan, sbg negara Islam, gagal (note: secara pribadi saya
    lebih menyukai menggunakan kata: behasil) mengimplementasi prinsip2 agama
    Islam, spt kesetiaan dan kepercayaan yg memungkinkan kesuksesan pemerintah dan
    masyarakatnya. Tendensi kesukuan dlm masyarakat Pakistan, dgn membengkokkan
    (note: saya lebih suka menggunakan: menerapkan) nilai2 Islam, menciptakan
    tempat subur bagi aktivitas teroris dll problema. Sambil merenungkan
    deteriorasi parah dlm kehidupan Pakistan, pertanyaannya adalah: bukankah
    sekularisme bisa menyelamatkan Pakistan dari krisis2nya yg tidak berkesudahan
    ?”

    ANALISA

    Sang penulis menyimpulkan satu hal sederhana : Sekularisme (‘Ilmaniyya’)
    menjadi dasar sukses India, baik secara domestik maupun internasional.
    Sementara itu, Pakistan yg bertujuan menciptakan sebuah model negara Islam,
    semakin jeblog dlm 60 tahun belakangan ini, dirasuki oleh problema domestik &
    internasional yg semakin melarut2.

    KOMENTAR

    Pengkajian sejarah India & Pakistan sejak 1947 menunjukkan bukti2 kuat bahwa
    upaya menciptakan “negara Islam murni” spt yg dibayangkan Muslim India hanyalah
    sebuah resep bagi kehancuran politik, sosial dan ekonomi.

    Mari kita tinjau sejarah.

    Kerajaan Mughal(moghul?) Islam menjajah India selama 300 tahun sebelum dikuasai
    Inggris. Sebelum Inggris mempersiapkan utk angkat kaki, Liga Muslim dibawah
    pimpunan ‘Allama Iqbal, thn 1909, menuntut bagi terciptanya sebuah negara yg
    Islam murni, terpisah dari India.

    Th 1940, pemimpin Liga Muslim, Muhammad Ali Jinnah, ngotot bahwa setelah
    hengkangnya Inggris, negara itu harus dibagi dua. Dan keduanya terpisah pada
    tgl 15 Agustus 1947. Pakistan kemudian terpisah oleh dua bagian: Pakistan Timur
    dan Pakistan Barat, yg dipisahkan oleh kawasan India sebesar 1.000 mil !
    Dan ini semua untuk APA ? Untuk sebuah kotak hitam di Saudi ??????
    http://www.sacw. net/partition/

    Hindu yg tinggal di daerah2 yg kemudian menjadi milik Pakistan harus lari ke
    daerah2 India. Sementara Muslim2 yg tinggal di daerah Hindu ngibrit ke daerah2
    Muslim. Adegan2 pembunuhan mewarnai kedua daerah perbatasan. Belum lagi masalah
    Kashmir; penguasanya yg orang India memilih utk ikut India, walau mayoritasnya
    adalah Muslim. Pakistan tidak pernah mengakui legalitas keputusan itu dan
    sampai sekarang problema Kashmir terus menghantui keduanya.

    Terlepas dari problema diatas, India maju pesat dlm berbagai front dan kini
    dianggap sbg demokrasi terbesar di dunia. Sbg kontras, Pakistan terus kena
    perusuhan politik dan ketidakstabilan sosial. Thn 1971, Pakistan Timur yg tidak
    suka dgn kepemimpinan Pakistan Barat di Punjab, dgn bantuan tentara India
    memisahkan diri dan menjadi Bangladesh.

    Anehnya, sang penulis yg mendukung ‘Ilmaniyya’ (sekularisme) , juga mengatakan
    bahwa Pakistan “gagal mengimplementasi prinsip2 agama Islam, spt kesetiaan dan
    kepercayaan yg memungkinkannya mencapai sukses dlm pemerintahan dan
    masyarakatnya.”

    Faktanya adalah : Justru prinsip-prinsip agama itulah yang bertanggung jawab
    atas kegagalan mereka. Spt dikatakan V. S. Naipaul, pemenang hadiah Nobel bagi
    literatur dan pakar masalah2 India dlm bukunya “Beyond Belief: Islamic
    Excursions Among the Converted Peoples” :

    “Kecurigaan Muslim mengakibatkan dibentuknya Pakistan. Ide itu dibarengi dgn
    gambaran kejayaan di masa lalu, dimana para penjajah menyerbu dari utara,
    menyapu kuil2 Hindustan dan memaksakan kepercayaan mereka kpd sang kafir.
    Fantasi itu masih hidup; dan bagi Hindu yg menjadi Muslim, itulah awal mula
    neurosis mereka, karena sang mualaf baru lupa siapa atau apa dia dan iapun
    menjadi seorang pelanggar (kemanusiaan) “. hal. 247

    “Wilayah India telah dipisahkan secara berdarah utk membentuk negara Pakistan.
    Jutaan orang mati, dicabut dari tanah air mereka. Lebih dari 100 juta Muslim
    lari dari kawasan India, namun semua Hindu dan Sikh diusir dari Pakistan.” P.
    290

    Bukannya malah membawa damai dan kesejahteraan bagi Pakistan, Islam menjadi
    sumber segala kesulitannya. Artikel dlm Tanweer diatas menyimpulkan bahwa
    ‘Ilmaniyya’ adalah jawabannya, karena terbukti sukses di India. Namun bgm
    mungkin Pakistan mengadopsi model sekuler, mengingat bahwa raison d’etre,
    alasan pembentukannya, MEWAJIBKAN SEBUAH SISTIM ISLAM ????

    Saya tutup tulisan ini dgn pepatah Naipaul dari Pendahuluan bukunya:

    “Islam dlm bentuk aslinya adalah sebuah agama Arab. Siapapun yg bukan Arab dan
    menjadi Muslim adalah seorang mualaf. Islam bukan hanya masalah kepercayaan
    pribadi. Islam membuat tuntutan imperial.
    It makes imperial demands. Pandangan dunia sang mualafPUN berubah, tempat
    sucinya kini pindah ke tanah Arab; bahasanya adalah Arab. Pengetahuan
    sejarahnya juga berubah. Ia menolak sejarah nenek moyangnya; dan ia menjadi
    -entah suka atau tidak- bagian dari cerita sejarah Arab. Sang mualaf harus
    meninggalkan apapun yg diwariskan nenek moyangnya. Gangguan yg disebabkan bagi
    masyarakat sangat besar, bahkan setelah 1000 tahun hal ini terulang terus;
    orang harus terus menerus meninggalkan, mencampakkan peninggalan nenek
    moyangnya. Mereka membentuk fantasi2 ttg apa dan siapa mereka; dan dlm Islam
    milik negara2 yg ditundukkan, ada sebuah elemen neurosis dan nihilisme. Negara2
    macam ini dgn mudah bisa meledak.” P. xi

  14. Gooo SYARIAT ISLAM…
    Gua dukung penuh penerapan SYARIAT ISLAM….
    Indonesia n negara2 Islam lainnya harus bsatu dan membentuk kekhalifahan…
    Tegakkan kalimat ALLAHU AKBAR di bumi ALLAH SWT…

  15. belum dijalankan kok udah curigaan aja…takut aja gitu…
    bahkan di zaman Rasulullah pun orang nonmuslim yang tidak “mengganggu” g di apa2in kok..bhkn tetap dilindungi sebagai warga negara..
    alasan kecilnya, karena mereka bayar pajak..hehe..

    islam berarti salam..selamat…
    dengannya kita bisa hidup dalam hidup…

  16. dah nyata2 syariat islam itu gagal membuat ekonomi negara makamur masih sj kalian berpikiran picik,,,dasar keras kepala tuh

  17. tai syariat islam
    la wong skrg msi pancasila aj muslim uda pd sewenang-wenang
    ap lgi klo nti syariat islam
    klian mengaitkan islam sm si ismael
    anak pembantu it?
    sdngkan kristen dr si ishak,anak dr majikan
    pntsan koq bnyk bgt org2 islam yg jd pmbantu di keluarga2 kristen
    mw jd penguasa?
    mimpi kle~~~

    • lo…lo….ga salah itu
      coba deh fikir pake akal yang sehat
      masa tuhan punya anak?kaya manusia aja
      nanti jadi banyak tuhan atuh eng
      lama-lama jadi perang tuhan
      ha…ha…ha….
      perang manusia aja seperti itu
      apalagi perang tuhan kaya apa ya???

  18. Assalamualaikum.
    Saya sebagai muslim sekaligus WNI merasa prihatin atas komentar2 klian, baik itu muslim ataupun nonmuslim. Tolong jg ucpan2 klian, kita sm2 orang bragama dan org Indonesia. Jangan saling menyerang dan menghina itu bertntangan dengan ajaran kita semua dan hanya memicu konflik.
    Km warga muslim indonesia sgt kbratan jika dtuduh sbgai teroris dan penjajah sdr2 kt yg non muslim. Tlg buktikan!
    mgkn mmg muslim Indonesia cenderung mw mnang sndri kren mmg sbg mayoritas.Tp sy rs it umum terjadi di belahan bumi manapun. Bahkan di negara lain dmn muslim sbg minoritas, mereka sangat tertindas dan diperlakukan swenang-wenang.
    tengoklah Thailand dan Myanmar yg menindas muslim Rohingnya, tengoklah Filiphina yg merongrong penduduk asli moro-mindano, lihatlah India yg bahkn menyebut umat islam yg pembawa peradaban sebagai “kanker”. Jd kesimpulannya secara umum kita ini sm sj, jgn mengecam Islam sebagai teroris. Karena dg itu malahan akan djadikan Amerika sbg alasan untk menyerang kita dan DEMI TUHAN baik orang Islam,Kristen,Budha,maupun Hindu Indonesia semuanya akan dihancurkan tanpa pandang bulu. Karena Amerika ada di bawah kuasa Yahudi, yg menghalalkan darah Orang Nasrani apalagi umat lain.

  19. woi sdr2 kristen, sebagai orang kristen sy sgt kcw dg km2 smw! bner kmntar -muslim- td, kty klian mengaku beragama tp ucapannya tdk lebih dari Atheis!!!!! Kita ini sharusy menyebarkan cinta kasih bukan menebar teror dan fitnah kpd muslim!!!! sy jd bingung ap sbenere kt y, yg teroris!
    sdhlah, kt jg hrs jujur dan jgn munafik spt opini -muslim- td, Dinegara2 kristen, muslim jg dirongrong. beday, kt selalu meneror tp dg dalih2 agama dan malah menyebut agama lain itu teroris!!
    ap perlu jesus disalib lg u? menebus dosa2 kt skrg??? smg tuhan mengmpuni kt!!!
    damai untuk smua!!!!!!!!!!!!!!

  20. Salam Perdamaian bwt kita semuanya…..
    Komentar demi komentar sama saja tidak juah beda hanya saling curiga dan ujung-ujungnya hanya akan menimbulkan konflik, ada apa dengan kalian semua????apa yang kalian perebutkan?apa yang kalian cari dengan ideolodi agama kalian?
    sebelumnya saya minta maaf bukan maksud saya buat mengajari kalian semua dengan komentar saya ini tapi saya merasa perihatin dengan komentar-komentar kalian yang tidak bijaksana ini.
    Kita mengetahui dan sadar bahwa negara indonesia masyarakatnya majemuk, dengan banyak suku, bahasa dan agama jadi para pendiri negara kita tidak salah memilih ideologi indonenesia dengan pancasila, karena dengan pancasila semua warga indonesia terwakili di dalamnya baik itu agama islam, kristen, budha, hindu maupun kongucu. Indonesia dijajah oleh belanda kurang lebih 350 tahun dan oleh jepang kurang lebih 2 1/2 tahun, apakh kalian semua tidak mengerti akan sejarah atau menghilangkan sejarah dari otak kalian semuanya? bahwa para pejuang indenesia mencurahkan semua tenaga dan darahnya hanya untuk satu tujuan yaitu MERDEKA dari para Imeperialisme Kolonialisme, itu adalah suatu perjuangan yang sangat panjang dan melelahkan, pada waktu penjajahan mereka bersatu dan harus kita INGAT mereka tidak melihat mana islam mana kristen mana budha mana hindu dan mana agama lainnya, tapai mereka meliahat dan mempunyai satu semangat yaitu INDONESIA MERDEKA. Mereka sudah sangat jelas memberikan ynag sangat terbaik untuk INDONESIA tapi apa yang telah kita berikan untuk negara kita yaitu INDENESIA? janganlah kita berbicara tentang ideologi negra indonesia lagi tapi yang kita pikirkan sekarang adalah bagaiamana negra indonesia ini bisa bersaing dengan negra lain, ini adalah tugas kita bersama bukan hanya pemerintah, negara kita sudah jauh ketinggalan dengan malaysia dan mungkin telah ketinggalan juga dengan vietnam. Negara kita g akan bisa maju kalau kita hanya ribut mempermasalahkan agama mana yang paling benar. Saya yakin semua agama itu mengajarkan tentang moral dan semua agama itu mengajarkan hal yang baik, saya kira isu ini sudahlah jangan dipermasalahkan lagi toh konstitusi kita menjamin kepada setiap pemeleknya untuk mengamalkan ajaran agamanya masing-masing.
    sekarang ini kita lebih baik melihat ke depan dan negara kita sedang mempunyai hajatan besar yaitu pesta demokrasi dan kita pun tahu pemilihan legislataif sudah dilaksanakan sekarang kita menghadapi PILPRES dan waktunyalah bagi kita memilih seorang pemimpin yang berpihak pada kepentingan masyarakat.
    Dan saya cuma ingin mengingatkan kepada saudara-saudara kita yang ingin memisahkan diri dari bumi nusantara ini, apakah kalian sadar itu ada unsur politis dari para elit untuk mendapatkan keuntungan pribadi saja tidak ada yang lain. dari sabang sampai meroke kita semuanya adalahg saudara, dan iini yang kalian bangga dengan indonesia karena indonesia tidak berbentuk negera federal tetapi republik indonesia dan ini adalah suatu keunikan negara kita yang bisa mempersatukan pulau-pulau yang ada dengan masyarakatnya yang berbeda pula dan tentunya juga agmanya berbeda juga. dan satu pertanyaan saya kepada yang telah menyampaikan komentar yang begitu bangga dengan Amerika dan inggris, apa yang akan kalian dapatkan dengan bergabung dengan Amerika dan Inggris?
    Dan bodohlahlah orang yang mengatakan TERIMA KASIH AMERIKA ATAS DOLAR-DOLARMU KARENA DENGAN DOLARMU SAYA BISA MAKAN.
    terakhir dari saya mari kita sama-sama menjaga keutuhan ibu pertiwi.

  21. ketika syariat islam tidak bisa menerima keragaman yang ada, terus bagaimana islam bisa dikatakan sebagai agama yang menjadi rahmat bagi seluruh alam????
    nabi sendiri menerima budaya arab kan? islam haruslah sesuai dengan kondisi masyarakat yang ada.

  22. saya ingin mengomentari mengapa kita ga maju karena sistem ekonomi kita adalah ekonomi barat/kapitalis, makanya kita ga maju-maju. Haluan ekonomi ini berasal dari pemikir yahudi/nasrani. Yang terbukti menyengsaran ekonomi indonesia, dan dunia umumnya. Makanya ekonomi indonesia hancur seperti sekarang. Tahu kah kalian orang non muslim, sistem ekonomi yang adil adalah sistem ekonomi islam, karena sistem ini belum mayoritas di indonesia. Karena apa, dasar negara ini ga asli lagi dengan hilangnya tujuh kata dalam piagam jakarta. Sila asli Pancasila yang pertama adalah ” Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-Nya”. Dan perlu diingat, syariat islam hanya bagi umat muslim, yang non muslim ga diganggu, dan ga dipaksa ikut syariat islam, dan akan dilindungi oleh negara. Tengok di malaysia, aman-aman saja orang tionghoa di sana. Jadi kekhawatiran itu hanya stigma yahudi/USA/peninggalan kolonial Belanda yang kafir.
    Pokoknya tegakkan syariat islam di Indonesia, Rahmatan Alamin. Hidupkan ekonomi syariah dan hancurkan ekonomi kapitalis di indonesia.
    Kembalikan piagam Jakarta.
    AllahuAkbar. Buat Anggota DPR 2009-2014 perjuangkan terus syariat islam.
    ” Bagaimana pun golongan Allah lah yang menang”.
    Wassalam.

  23. WAHAI KALIAN SEMUA……….
    tanda-tanda kiamat sudah nyata: global warming, kebokbrokan moral di segala bidang termasuk politik di Indonesia (lihat di tv, DPR=Dewan Perampokan Rakyat), kemunafikan, kejahatan di bidang menjual makanan seperti daging busuk, zat kimia bahaya,, terorisme dlll…..
    termasuk jelas: BENCANA ALAM yang terus beruntun dan terus di Indonesia.
    Itu semua supaya rakyat Indonesia BERTOBAT dari jalannya yang jahat.
    Saya yakin kiamat sebentar lagi (mungkin tidak sampai 30 thn lagi) dan diawali dengan kedatangan DIA ke bumi menjemput orang-orang kudusNya. DIA yang bakal menjadi hakim seluruh manusia pada penghakiman terakhir. DIA yang adalah penguasa surga dan bumi. APA KALIAN Tahu siapakah DIA……..
    ok lah kalian punya keyakinan masing-masing, pooknya saya akan berdoa supaya INDONESIA DISELAMATKAN termasuk kalian semua. (Jalan keselamatan hanya satu……carilah DIA, sebelum menyesal selamanya.)

  24. Assalamu aliakum.
    ikut komentar, untuk mas kafir murtado,kafir merdeka dan phoenixon : saya ucapkan terimakasih atas hujatan – hujatan anda terhadap muslim, saya heran orang seperti anda yang mengaku beragama tetapi tidak tahu tatakrama ; kita ini orang Indonesia yang nota bene dikenal bangsa yang ramah, diikat dengan satu kata persatuan nasional. Kalau saya teliti anda berinisial kAFIR MERDEKA / KAFIR MURTADO, tahukah anda apa itu kafir? Kafir itu artinya tutup atau tertutup; mungkin anda hatinya tertutup untuk melihat kebenaran atau anda menutup diri untuk kebenaran. Perlu saya jelaskan bahwa syariat Islam itu adalah merupakan aturan – aturan yang wajib dilaksanakan bagi pemeluk agama islam ( muslim ) untuk mengatur tatanan kehidupan bidang sosial, ekonomi , hukum, ibadah dsb. yang tujuannya adalah untuk kesejahteraan, kebahagiaan,keamanan didunia dan diakhirat.apabila anda melihat potret kehidupan manusia sekarang itu akibat manusia tidak menjalankan syariat Islam. Karena syariat Islam diturunkan oleh yang menciptakan alam dunia serta isinya dan manusia seluruhnya yaitu ALLAH SWT, termasuk anda diciptakan oleh ALLAH swt. Keinginan penerapan syariat Islam ditegakkan itu untuk kaum muslim bukan untuk kaum kafir ( anda ),dan merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim untuk menegakkan atau menjalankannya sebagai bentuk ibadah dan jelas tidak akan menggangu tatacara ibadah anda. Demikain mas, majulah Indonesiaku dan Tegaklah Syariat Islam, Allahu Akbar. wassalam.

  25. buat yang nolak
    whoever tuh
    kalo ga tau sejarah jangan so’ nyangkem…

    islam udah 1400 tahun tegak trmasuk di indo
    ajaran mana yang uda paling lama berdiri ??????????
    islam hancur setelah 1924 amp skg
    jd jgn lyt islam yang skrg nyong
    tu semua gara2 SOEKARNO SANG PENGKHIANAT ISLAM..

    cayoooooooooo
    fayaqtalunna wayuqtalun

  26. Salam sejahtrera semuanya…

    Marilah kita berpikir bagaimana kita bisa hidup.., semua agama mengajarkan kebenaran…bukan saling hujat begini..

    kalo yang pro silakan dan juga yang Kontra silahkan…tapi jgn saling misuhi gitu..

    Kalo aku jamak aja menolak syariat islam.

    Jika itu terjadi Indonesia akan Pecah dan berpuing2, yang ngontrak di daerah mayoritas akan tersingkir.

    Selama Pancasila dan UUD45 masih ada… tidak ada syariat islam.

    peace….

  27. sebenarny syari’at islam itu mengatur bagaimana seorang muslim bergaul dengan muslim lainnya dan bergaul dengan non muslim, agar tercipta kedamaian dan terjaga hak-hak masing2 individu. Allah dan Rasullullah senantiasa mngajarkan kedamaian dalam Islam. mengatur bagaimana menjalankan politik, ekonomi, sosial, yang gak merugikan satu sama lain. syari’at islam gak pernah mengajarkan yang namanya penindasan dan terorisme, kalaupun ada itu justru karena biang teroris yang memanfaatkan kefanatikan agama seseorang dan melupakan bahwa sebenarnya dalam ajaran islam sendiri berisi kedamaian dan tidak membenarkan adanya kesewenag-wenangan. saya rasa gak ada dalam ajaran agama manapun yang menghalalkan darah orang lain,, semua ajaran agama mengajarkan kedamaian bagi para pemeluknya dan pemeluk agama lain, jadi jika ada yang saling caci dan berbuat kerusakan dengan dalih agama, justru itu dipertanyakan ke-agama-annya,,
    islam meyakini semua nabi mulai adam sampai muhammad, dalam alqur’an di katakan tidaka ada perbedaan di antara mereka, karena mereka semuanya menebar kasih dan kedamaian di bumi ini. bahkan nabi muhammad saat menjadi kepala negara, menghormati hak-hak orang2 non muslim, karena memang itulah yang di ajarkan dalam syari’at islam,, saling menghargai hak2 masing2 dengan tentunya semua punya kewajiban sndri2. jangan menuntut hak kalau kewajiban belum dijalankan,, lalu kenapa takut dengan syari’at islam???!!!

  28. Saya kok jdi heran ma orang2 yg tdk setuju syariat islam, apakah kalian kira syariat islam itu untuk agama lain selain islam??? Coba dh anda skalian baca isi piagam jakarta sila pertama itu. Justru dengan syariat islam angka kriminal bisa kita minimalkan, dengan syariat islam orang2 jdi takut & harus berfikir 1000X utk melakukan segala bentuk kejahatan. Kalian yg kontra knpa harus takut??? Kalo kalian takut berarti kalian itu mmg residivis kriminal.

    Pokoknya saya mendukung syariat islam di Indonesia, yg bukan muslim jgn takut krna ini diberlakukan hanya buat muslim saja, buat yg muslim knpa harus takut kalo emang kalian bukanlah pelaku kriminal…

  29. Negara-negara di timur tengah banyak yang melandaskan aturan negara dengan syariat agama.
    Negara-negara di barat banyak yang melandaskan aturan negara mereka dengan asas liberal.
    Toh, pada kenyataannya mereka itu sama-sama serakah dan haus kekuasaan. Mereka sama-sama penggila perang dan duit.
    Negara-negara timur tengah seperti :
    – Irak yang memiliki etnis Syiah, Sunni dan Kurdi, sampai saat ini masih saja saling bunuh antar saudara.
    – Afghanistan, selalu saja perang antar gerilyawan bahkan teroris dan pemerintahnya.
    – Pakistan juga begitu.
    – Palestina, perseteruan antara Hamas dan Fatah bahkan diperparah dengan datangnya bangsa Israel.
    (ini hanya beberapa contoh permasalahan yang sering diliput, belum lagi masalah TKW yang dilecehkan di sana).
    Negara-negara barat yang selalu ingin menguasai perekonomian dunia yang kita semua pasti sudah tahu.

    Barat dan timur tengah itu sama-sama payah.

    Berbeda sekali dengan karakter bangsa Indonesia yang aslinya cinta damai, adem ayem, beradat, ramah, sopan dan santun terhadap orang lain.
    Dan ironisnya, malah ada beberapa orang Indonesia yang justru malah membanggakan aturan-aturan, gaya hidup dan perilaku bangsa lain yang jelas-jelas sangat berbeda dengan situasi sosial, budaya, peradaban, dan geografisnya.
    Ada yang mengelu-elukan gaya hidup orang-orang timur tengah, ada yang sok meniru gaya hidup orang barat.

    Kita jauh lebih baik dari mereka, kenapa kita harus mengikuti cara hidup dan peraturan mereka?

  30. buat abu yang terhormat
    peperangan bukan jalan satu-satunya syariat islam tegak,banyak jalan damai yang bisa dilakukan untuk penegakan syariat islam
    dalam islam tidak ada perang untuk menguasai negara lain
    tapi perang adalah untuk mempertahankan diri
    kata siapa Indonesia tidak seperti mereka?
    lihat kekerasan-kekerasan yang terjadi
    janda pejuang aja dipersalahkan dan tidak dihormati hingga dipersidangkan,korupsi di semua lini pemerintahan, lihat suporter bola viking,bonex, the jack dan yang lain,apakah mereka tidak melakukan kekerasan?
    lihat ormas FBR yang perang dengan masyarakat di jakarta,lihat satpol PP yang mengusir dan membongkar lapak-lapak pedagang, apakah itu bukan sebuah bentuk perang?walaupun itu skalanya kecil,
    jangan anda dibutakan oleh idiologi yang salah
    Syariat Islam itu harus tegak bro
    dan ingat selalu Alloh tidak akan pernah ingkar dengan janji-janjinya

  31. Bangsa lain mungkin hanya memiliki satu atau dua atau tiga suku,ras, dan etnik. Itu sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam yang terdiri dari berbagai suku,ras,etnik,agama dan kepercayaan.
    Diperlukan azas yang netral yang bersifat memersatukan segala perbedaan itu dan syariat harus ditegakan untuk pribadi saja agar menjadi manusia yang berakhlak mulia tanpa harus merasa sok suci dan saling merasa benar. Syariat tidak perlu dibawa ke ranah politik karena hanya akan menodai citra agama. Biarlah agama tetap menjadi agama yang berfungsi sebagai pencerah jiwa pribadi masing-masing. Dan biarlah politik tetap menjadi poltik. Toh, jika setiap orang merasa wajib mengendalikan diri sendiri dan merasa wajib untuk menjaga kedamaian, pasti kedamaian juga kan tercipta.
    Aku menyukai Indonesia yang beragam seperti ini.
    Walau ada tindak kekerasan, walo ada koruptor tetapi aku yakin, Indonesia akan pulih dan kembali seperti dulu lagi yang masyarakatnya cinta damai, selalu bermusyawarah dan gotong royong, bahkan menjadi lebih baik lagi. Dan aku pun berharap saudara-saudaraku setanah air akan selalu sadar bahwa damai itu indah dan kekerasan itu hanya menyengsarakan. Dan semoga pemerintah pun dapat melaksanakan amanat rakyat dan tidak menyalah-gunakan jabatan mereka.

    • pada masa yang akan datang tidak adalagi yang namanya ras,suku bangsa,atau apapun itu
      coba sekarang fikir deh
      banyak orang suku jawa menikah dengan suku sunda,terus anaknya jadi suku apa???banyak orang suku betawi menikah dengan suku padang,anaknya jadi suku apa???itu adalah salah satu contoh pa abu
      jadi kenapa perbedaan yang seperti itu dibuat sebagai batu sandungan untuk tegaknya syariat islam???
      kan diwajibkan kita ini untuk berjamaah, dan syariat islam tidak bisa ditegakan sendiri-sendiri
      jangan kau ambil setengah-setangah
      maksudnya :jangan kau ambil setengah-setengah dari ayat-ayat Al-Qur’an itulah orang yang benar-benar kafir,itu ayat Al-Quran, bukannya semua yang ada di dalam Alquran wajib dilaksanakan?yang jadi pertanyaan kalau salah satu tidak dilaksanakan apa hukumnya?saya yaqin abu orang islam yang taat dan bijak untuk menjawabnya,saya contohkan lagi jika seorang muslim menjalankan sholat apakah boleh setengah-setengah?atau menghilangkan salah satu rukunnya,misal saya melakukan sholat tapi saya pilih yang enak-enak saja,saya cuma sujud dan tasyahud akhir apakah sholatnya sah?misal saya sholat tapi udara lagi dingin terus saya tidak bersuci,apakah sholatnya sah?pada intinya kita harus melaksanakan semua kewajiban secara keseluruhan,saya heran abu islam tapi tidak mau menjalankan perintah Alloh,

      • jelas sekali pandangan anda adalah pandangan dari pemikiran yang terdikte oleh doktrin, anda begitu ngotot menginginkan agama dijadikan sebagai dasar negara, itu berarti anda ingin Pancasila dan UUD1945 itu diganti.
        Dan berbeda pula pandangan saya yang setuju dengan Pancasila dan UUD1945.
        Bisa dibilang anda melihat segala sesuatu dengan kebenaran anda sendiri, bahwa keyakinan anda lah yang paling benar sedangkan orang yang tidak sepaham dengan anda adalah salah.
        jika anda ingin meniadakan semua suku, ras, budaya, adat dan kepercayaan, butuh berapa ribu tahun untuk mewujudkan keinginan anda?
        lain halnya dengan saya yang slalu merasa ingin belajar memahami karakter atau tipikal manusia sampai ke dalam diri saya pribadi dan juga saya pun sadar bahwa saya adalah manusia biasa yang sering melakukan kesalahan, begitu pun orang lain yang sama-sama manusia.
        anda mengatakan kepada saya kalo saya dibutakan oleh ideologi yang salah. ya memang saya akui, saya masih harus banyak blajar memahami segala sesuatu. jika memang anda tidak melakukan ibadah dengan setengah-setengah dan menjalankan semua yang diperintahkan oleh agama, semestinya anda tahu kenapa TUhan menciptakan segala perbedaan yang ada?

  32. namanya juga Indonesia.
    apakah di sini ada yg tau arti dari kata”indo” dan “nesia”?
    kalo ada yg tau ya itulah Indonesia.
    Indonesia yang memiliki beratus2 suku,ras,etnis,adat istiadat,budaya dan kepercayaan menjadi tersohor di mata dunia karena rasa toleransinya yang tinggi. karena pada kenyataannya tidak mudah untuk mempersatukan banyak sekali perbedaan apalagi itu menyangkut harkat dan martabat orang banyak.
    menyatukan dua insan aja susahnya minta ampun tetapi bangsa Indonesia mampu melakukannya.
    memang sih, dulu pernah ada pertikaian antar etnis yang membuat hati kita menjadi miris,dan ada beberapa keributan yg dilakukan oleh orang2 yg kurang tau adab. memang sih dulu kebusukan orde baru membuat kita sakit hati.
    tapi rasa sakit hati dan noda yg dulu kita dapatkan haruslah kita kubur dalam2.
    kini, bangsa Indonesia haruslah mnjadi bangsa yg lebih baik lagi dan lagi. generasi muda harus bangkit melanjutkan cita2 luhur para pahlawan bangsa yg ingin mewujudkan Indonesia yg merdeka,makmur,tenteram dan damai.
    salam untuk Indonesia tercinta.
    berbeda2 tapi tetap satu jua.
    hidup NKRI.

  33. walaaaaahhh pd repot2 amat, mending sekolah yang bener, njalani hidup yg bner, nyari duit yg bner, ga semena2 trhadap orang lain, jadi generasi muda yg kreatif positif dan ga macem2 dan menghasilin karya buat memajukan bangsa n negara. gitu aja ko repot. orang kalo dah fanatik itu emang susah ya,dia jadi ngrasa yang paling bner sndiri. apa2nya ya cuma diliat dari pndpatnya sndiri karena dia yang paling bner.

  34. Betul pak tarman.
    Ngapain juga ya repot-repot ngurusin kayak gitu?
    Ngapain juga mencari-cari kesalahan orang lain?
    Emengnya diri sendiri ga punya salah kali ye.
    Lha trus ngapain juga ya kita ikut komen disini ya
    Wueleeeehhhhh

  35. Syariat Islam bukan untuk diperdebatkan
    tapi untuk dilaksanakan
    gitu aja repot
    kalau anda orang islam kaji Al-Quran, pasti anda akan menemukan alasan kenapa syariat islam itu harus dilaksanakan,
    jika anda orang non muslim kaji kitab-kitab suci kalian
    apakah ada pertentangan dari satu pasal dengan pasal yang lainnya?

    • lu bisa mbuktiin ga kalo Islam bisa mendamaikan dunia?
      liat tuh negara negara di timur tengah
      sesama muslim aja pada bunuh bunuhan
      uni emirat arab aja jadi sekutu utamanya amerika
      gara-gara prinsip fundamental ga cocok buat kemakmuran negara.
      kalo lu saat ini bisa kasih contoh kalo Islam mampu mendamaikan dunia, gue salut ama lu.
      pastilah, yang ada itu kalo umat A diejek ama umat B trus bales ngejek kan? begitu pula sebaliknya.
      ngapain agama lu pake cuma buat penuhin isi kepale lu?
      praktekin dong.
      lu nyuruh orang lain buat mengkaji kitab suci mereka masing masing ada pertentangan apa ga kan?
      sekarang lu liat, ada salah satu aliran di Islam yang mengharamkan musik. kalo musik di dalam Islam itu haram, kenapa ada lagu lagu Qasidah? mau jadi apa dunia ini tanpa cita rasa seni dan keindahan?
      di dalam Islam sendiri banyak sekali pertentangan antar mahzab dan aliran,bro. mreka pada saling mengAGUNGkan tafsir dan dalil mereka sendiri sendiri.

  36. zaman makin maju,teknologi smakin canggih,orang2nya jg tambah ngesok,sok suci,sok paling bner,sok paling mulia,sok paling kuat.yg fanatik makin fanatik,mrasa diri paling bner n orang lain yg ga sepaham itu brarti salah n dianggap bidah n sbgnya n saling menghakimi.Islam blm mnjadi dasar negara aja dah bnyak yg sewenang2 thdp orang lain.katanya yg jihad yg membasmi musuh2 Islam tp salah tempat mlakukan teror dg bomb,perampokan,dsb.
    kasian pihak2 yg ga tau apa2 malah jd korban.apa iya kekerasan n peperangan harus ditegakn utk kalimat Alloh?
    manusia sjak lahir itu dah dibekali dg sifat bnci,dndam,iri,dengki,birahi,n sifat2 buruk yg laen.ko bisa2nya, agama malah dijadiin alat utk pengobar peperangan?katanya Islam tu Rahmatan lil’alamin,knp malah bnyak ummatnya yg suka brbuat kekerasan?dan anehnya, mreka itu mrasa slalu bner n ga mau disalahin.manusia ga usah diajarin buat perang aja dah bisa bunuh2an dg sndirinya.ko bnyak klompok yg suka mengkategorikan mana perang yg boleh dan mana prang yg ga boleh.dunia smakin hr smakin kacau.gmana dmai bakal trcipta?

  37. kenapa harus report?alquran ya harus dilaksanakan, katanya alquran pedoman hidup,ko ga dilaksanakan, kalau gitu berarti kalian ngambil setengah-setangah atuh, itulah orang yang benar2kafir “firman Alloh”dan alquran bukan untuk diperdebatkan tapi untuk dilaksanakan titik tanpa koma

    • yg jd titik prmasalahan dsini itu masalah politik,gan.
      kalo masalah syariat d dlm khidupan sehari2 sih ga ada masalah. kalo gue sih ga maksud dg istilah 1/2 atw 1/4 atw 3/4 dll.
      gue jg ga suka mengkafirkan orang lain.
      mreka yg d luar islam tetep aja manusia.
      sesama manusia seharusnya saling menghormati.
      buat apa blajar agama kalo rasa benci dan dndam slalu mewarnai jiwa.
      betul kalo agama islam adlh yg bnr dan memang konsep ketuhannya bener2 masuk d akal.
      tp apa prlu kita trus jd ngrasa sok suci dan ngrasa paling smpurna shingga orang2 d luar islam trus ga dihargai?
      apa prlu kita menghina orang lain dg mengatakan “kafir kafir kafir”?
      jgn mudah mengkafirkan orang lain.
      gmn islam mau harum namanya kalo umat2nya suka menghina dan sombong kayak kalian.
      dan trus kalo emang syariat islam adlh satu2nya solusi buat perbaikan negara, seharusnya negara2 d timur tengah dah pd damai dr dulu dong.
      ga usah bicara tntng agama lain, d dlm islam sndiri aja trdapat banyak skali mahzab dan sekte dsb yg sjak jaman kekhalifan itu dah pd rebutan pengikut dan kekuasaan sampe skrg.
      apa prlunya sekte dan mahzab sih?
      tuhannya 1 knp hrs pake 73 aliran?
      dan satu sama lain sering trjadi saling menghina.
      ketahuilah, orang2 yg trlalu fanatik bs mengakibatkan perpecahan.
      bnyak orang yg mencampur adukan masalah politik dg penerapan ibadah sehari hari.
      ketahuilah, politik tdk slamanya dilandaskan pd kbenaran.
      ada yg beberapa orang yg dg dalih ini dan itu demi merenggut kekuasaan.
      jd politik tetep politik.
      g ada titik ato koma slama masih bnyak orang2 yg sok suci, fanatik,sok mrasa paling bnr sndiri.

  38. assalamu’alaikum
    kakak kakak,bapak,ibu,paklik,bulik,pakde,bude.
    sayah saranin buat semuah,sudahlah
    jangan pada beranten saling ngrasa bener.
    apapun agama,suku,bangsa,bahasa,dan warna klit kita,
    kita ini tetap sodara.
    harusnyah kitah ini bersatu biar negara kita bisa maju.
    harusnyah kitahini bersatu biar para pejabat nakal pada takut menyelewengkan duit negara.
    harusnyah kita ini bersatu biar oknum oknum jahat ga bisa berkutik.
    harusnyah kita ini bersatu biar negara kitah ga dijajah negara lain.
    harusnyah kita ini bersatu biar adat dan buadaya leluhur bisa lestari dan harum di mata dunia.
    harusnyah kita ini bersatu biar orang orang yang pengen ngancurin adat dan budaya bangsa pada takut dan mikir 1000x.
    harusnyah kita ini bersatu dan saling mengasihi antar sesama umat manusia.
    harusnyah kita ini bersatu biar agama kita masing masing bisa harum namanya.
    harusnyah kita ini bersatu satu hati memajukan negara.
    bagaimana negara mau maju kalau kita sebaagai genrasi muda pada ngga akur ginih. kan malu dilihat orang lain.
    kita semuah kan orang orang yang tahu malu.
    malu ahhhh.
    percayah deh ma aku.
    damai itu indah kok udah dibuktiin dari dulu semua orang pasti bilang kalau damai itu indah. iya kan?
    udah yah ngga usah mikirin perbedaan lagi yaaahhh?
    jangan saling ngrasa bener lagi yah?
    kita harus saling menyayangi.
    aku sayang kaliaaaaaann semuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s