BOGOR KOTA MEDIA PENDIDIKAN


Tulisan dalam blog ini adalah tulisan ke empat dari cerita berantai (#RantaiCerita @BloggerBogor) – ‘cer-ai’ (chain blog posting) komunitas Blogger Bogor (Blogor) yang kali ini bertemakan kota Bogor. Peserta cer-ai kali ini terbagi kedalam dua golongan, golongan hitam (sisi negatif kota Bogor) dan golongan putih (sisi positif kota Bogor). Kebetulan saya termasuk ke dalam golongan putih beserta rekan-rekan yang lain, yaitu: kang Bugi, Pege, pak Matrisoni, Ontohod, WKF, Insan Luthfi Habibi, Harris Maulana, Irvan Setya Adji dan Defidi. Informasi lengkap mengenai cer-ai ini bisa dilihat di Blogor. Selamat menikmati.

Anda bisa membaca tulisan sebelumnya di :

1. kang Bugi,

2. Pege,

3. pak Matrisoni

=============================

Bogor adalah kota yang terkenal. Saya yakin semua orang di dunia akhirat Indonesia mengenal Bogor. Waktu masih imutSD dan SMP saya sudah mengenal Bogor walaupun hanya melalui pelajaran di sekolah. Dari pelajaran sejarah saya mengenal prasasti Batu tulis dan Istana Bogor. Dari pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) saya mengenal kalau Bogor adalah kota di Indonesia yang mempunyai curah hujan tinggi, makanya disebut kota hujan, waktu saya datang ke Bogor pertama kali, tiada hari tanpa hujan (sekarang ngga sesering dulu).

Waktu SD/SMP saya belajar sejarah dan IPA hanya dari media buku, dan hanya bisa membayangkan saja. Terbayang sekarang seandainya dulu ketika belajar sejarah sambil melihat bukti sejarah, pasti akan lebih menjiwai (paham), pasti juga lebih menyenangkan. Seandainya belajar IPA dengan langsung melihat/praktek langsung di lapangan pasti lebih bersemangat.

Menurut saya, Bogor (kota dan kabupaten) sangat mendukung sebagai media pendidikan. Membantu pelajar supaya mendapat pengalaman belajar. Banyak hal/tempat yang ada di Bogor yang bisa dijadikan sebagai media pendidikan, terutama belajar sejarah dan belajar ilmu pengetahuan alam (mungkin anda bisa menambahkan disiplin ilmu yang lain lagi).

Salah satu tempat yang bisa dijadikan media pendidikan adalah museum. Ada beberapa museum yang berada di Bogor. Tetapi menurut berita disini dan disini pengunjung museum relatif sedikit, bahkan ketika tiket museum digratiskan (data pengunjung museum dari tahun 2006 sampai 2008 ada disni). Supaya pengunjung museum banyak dan ada lebih banyak manfaat yang diambil dari museum (terutama bagi generasi anak-anak dan anak muda), bagaimana kalau ada gerakan untuk berkunjung ke museum?. Misalnya berkunjung setiap akhir pekan (seperti gerakan WTM/ Wiken Tanpa ke Mall). Atau dari pihak pemegang kebijakan pendidikan mewajibkan sekolah-sekolah untuk berkunjung ke museum. Misalnya untuk seluruh sekolahan yang ada di daerah Bogor dan sekitarnya.

Berikut ini museum yang ada di Bogor hasil searching, silahkan anda berkunjung ke museum bersama anak tetangga  anda atau anak didik, bisa sambil belajar dan diskusi.

1. Museum Etnobotani

Museum EtnobotaniMuseum Etnobotani diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. DR. BJ. Habibie. Didalamnya terdapat 2.000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora. Berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda no. 24 Telp. (0251) 8322035.

2. Museum Zoologi

clip_image002Museum Zoologi didirikan pada tahun 1894 dengan nama Museum Zoologicum Bogoriensis. Mempunyai koleksi ribuan species binatang mamalia, serangga, reptillia, burung, ikan dan molluska. Lokasi terletak di Jl. Ir. H . Juanda no.09 Telp. (0251) 8322226.

3. Museum Tanah

clip_image003Museum Tanah didirikan pada tanggal 29 September 1988. Museum ini merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah yang terdapat di Indonesia yang disajikan dalam ukuran Kecil berupa makromonolit. Berlokasi di Jl. Ir H. Juanda no. 98 Telp. (0251)8323012.

4. Museum Peta

clip_image004

Museum PETA didirikan pada tahun 1995 oleh Yayasan Perjuangan Tanah Air. Didalamnya memuat 14 diorama mengenai perjalanan perjuangan para pahlawan PETA. Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 35 Telp. (0251)8332768.

clip_image006

Senjata di museum PETA

5. Museum Perjuangan

clip_image007Museum Perjuangan didirikan pada tahung 1957 sebagai tempat penyimpanan macam-macam senapan yang digunakan para pejuang kemerdekaan dan terdapat koleksi senapan yang merupakan hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris. Museum ini dilengkapi dengan diorama perjuangan di daerah Bogor dan sekitarnya. Berlokasi di Jl. Merdeka No. 56 Telp. (0251) 8326377.

6. Museum Dinosaurus

”]museum donosaurus”]museum donosaurus

Selain menampilkan patung fosil dinosaurus dan robot-robot yang “mengagetkan”, museum ini juga dilengkapi dengan fosil-fosil asli telur, sebagian rangka/tulang dan gigi dinosaurus yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Dari negeri sendiri (Indonesia) juga ditampilkan fosil-fosil binatang prasejarah dari tanah air yang banyak diketemukan di daerah Trinil, Sangiran, Jawa Tengah. Pemutaran film binatang-binatang purbakala dalam bentuk video juga tersedia, meskipun hanya ditayangkan dalam media televisi 14″. Tempat wisata Bogor yang berada di daerah Cisarua, sekitar 2,5 km dari Taman Safari arah ke Puncak. GPS: -6.688339,106.959998.

Peta Museum di Bogor

Lokasi lima Museum di Bogor dari Google Maps

Saya yakin masih banyak tempat di Bogor selain museum yang bisa dijadikan media pendidikan. Jelas sekali kalau Bogor merupakan media pendidikan sejarah. Di Bogor kita bisa menemukan bukti sejarah yang bisa dibilang komplit. Dari jaman batu, jaman kerajaan, jaman penjajahan semua ada. Apa buktinya? Salah duanya yang terkenal di Bogor ada prasasti Batu Tulis dan Istana Bogor. Dan masih banyak lagi situs serta Benda Cagar Budaya (BCB) yang ada di Bogor, seperti yang disebutkan di sini atau grup FB di sini. Dengan belajar sejarah secara langsung melalui tempat (baca:media pendidikan) yang ada di Bogor harapanya nilai-nilai kearifan lokal dan semangat kebaikan dari para pendahulu akan tetap dipegang, tidak terkikis atau hilang.

Bukti Sejarah, Ruangan di dalam Istana Bogor

Bukti Sejarah, Ruangan di dalam Istana Bogor

Open House Istana Bogor

Open House Istana Bogor

Postingan berikutnya oleh Ontohod

Tempat ngambil gambar dari :
Koleksi Pribadi
http://www.indotravelers.com/bogor/index.html
http://www.radar-bogor.co.id/index.php?rbi=berita.detail&id=75743
http://www.navigasi.net/goart.php?a=mudinors

19 thoughts on “BOGOR KOTA MEDIA PENDIDIKAN

  1. Pingback: Cerita Berantai #2: Bogor | blogor.org

  2. Wah mantab sekali kang Fajar tulisannya …semoga menjadi inspirasi bagi pemangku kebijakan pendidikan di kota bogor, sekarang anak2 sekolah sudah gengsi untuk ke museum, kesannya kuno dan kampungan, mereka lebih tertarik untuk ke mall, cafe2, shopping, kuliner. Pemerintah lupa Bogor gudangnya ilmu, Adanya Kebun Raya Bogor belum maksimal dimanfaatkan sebagai media pendidikan. Ayo Blogor kita dorong menjadikan kota Bogor sebagai kota pendidikan dan Cyber City.

  3. Pingback: Bogor Dalam Cerita

  4. Pingback: Tanjakan Iblis di Gunung Salak | Wong Kam Fung

  5. Pingback: Ngulik Bogor Yuk! « Light Breath

  6. Pingback: 1001 Putihnya Kota Bogor « Sajian Defidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s